Lihat ke Halaman Asli

Eric Yoga Pratama_43221010090

Mahasiswa Universitas Mercu Buana

A301_Quiz 12_Menghitung Matriks Input dan Output

Diperbarui: 12 Juni 2023   23:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar Pribadi Eric Yoga Pratama

Gambar Pribadi Eric Yoga Pratama

Interpretasi nilai tambah input/output hasil analisis teknologi informasi akuntansi

Berdasarkan hasil analisis input/output yang dilakukan dengan menggunakan persamaan matematis skor kinerja yang dilaporkan perusahaan sebesar 19,6, 18,2 dan 17,1. Saya kemudian menginterpretasikan makna hasil analisis tersebut dalam konteks nilai tambah teknologi informasi akuntansi. Dalam dunia bisnis yang pertumbuhannya terus berlanjut, teknologi informasi memegang peranan yang sangat penting dalam meningkatkan efisiensi dan efektifitas bisnis. Terutama di bidang teknologi informasi yang telah memberikan dampak signifikan pada proses, pelaporan dan analisis data keuangan yang akurat dan cepat. 

Oleh karena itu, dalam analisis input/output ini, nilai tambah teknologi informasi akuntansi dapat dilihat pengaruhnya terhadap hasil bisnis yang disajikan dalam matriks hasil pengganda.

Pada langkah pertama analisis input/output, matriks perkalian A x B menggambarkan kombinasi matriks sumber daya input dan matriks biaya modal. Ini menunjukkan bagaimana sumber daya yang digunakan oleh perusahaan dan biaya modal mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan. Penggunaan teknologi tepat guna dalam pengelolaan sumber daya dan pengendalian biaya dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan dalam konteks teknologi informasi akuntansi. Misalnya, dengan menerapkan sistem akuntansi berbasis TI yang efektif, perusahaan dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya dan mengurangi biaya operasional yang tidak diperlukan perusahaan.

Kemudian, pada langkah kedua, ketika hasil C-matrix ditemukan, cari D-matrix dengan mengalikan C-matrix yang telah dihitung sebelumnya dengan G-matrix, yang hasil perkaliannya (C x G) adalah growth (pertumbuhan ) dari matriks menggambarkan kinerja perusahaan yang dipengaruhi oleh kombinasi sumber daya input, biaya modal dan faktor pertumbuhan. Pertumbuhan ini mencerminkan kemampuan perusahaan untuk beradaptasi dengan perubahan sistem operasi dan meningkatkan daya saingnya. 

Dengan menggunakan teknologi informasi yang inovatif dan canggih di bidang akuntansi, perusahaan dapat dengan cepat bereaksi terhadap perubahan pasar dan mengoptimalkan peluang pertumbuhan. Misalnya, dengan bantuan analisis data dan kecerdasan buatan, perusahaan dapat mengidentifikasi tren pasar, kebutuhan pelanggan, dan peluang baru untuk mengembangkan strategi bisnis yang efektif. 

Selain itu, pada langkah terakhir, setelah menemukan matriks D, dapat dihitung pangkat total (F) dengan mencari matriks akhir yaitu matriks E, dengan mengalikan matriks D dan F, kemudian menggunakan matriks yang diperoleh (( A x dikali B) x D) x F dapat memberikan gambaran umum. Skor total mengacu pada skor kinerja perusahaan antara kombinasi faktor-faktor di atas dan skor kinerja total akhir. Hasil analisis menunjukkan skor kinerja perusahaan adalah 19,6, 18,2 dan 17,1. Hal ini menunjukkan bahwa kombinasi sumber daya input, biaya modal, pertumbuhan dan nilai akhir output yang optimal berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan.

Nilai tambah yang muncul sehubungan dengan informatika akuntansi tercermin dari efisiensi dan efektifitas proses perusahaan. Teknologi informasi akuntansi dapat mempermudah proses pengumpulan, pengolahan dan pelaporan data keuangan. Dengan integrasi sistem yang baik, perusahaan dapat menghindari human error yang dapat terjadi dengan pengolahan data secara manual dan meningkatkan akurasi laporan keuangan. Hal ini memberikan keuntungan dalam keputusan bisnis yang tepat waktu dan meningkatkan transparansi perusahaan di mata pemangku kepentingan. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline