Lihat ke Halaman Asli

Erick M Sila

Pendidik, Penulis, Fotografer, Conten Creator

Deep Learning dan Pendidikan Holistik: Membangun Generasi Cerdas dan Kreatif

Diperbarui: 29 November 2024   14:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://palu.tribunnews.com/2024/11/08/mengenal-kurikulum-deep-learning-konsep-pendidikan-baru-jadi-pengganti-kurikulum-merdeka

Pendahuluan

Pendidikan merupakan fondasi utama dalam membentuk karakter dan kemampuan generasi masa depan. Dalam era yang semakin kompleks ini, pendekatan holistik dalam pendidikan menjadi semakin penting.

Pendekatan ini tidak hanya berfokus pada aspek akademis, tetapi juga mencakup pengembangan emosional, sosial, dan spiritual siswa. Menurut Lase (2019), pendidikan yang holistik mampu mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0, di mana keterampilan interpersonal dan kreativitas menjadi sangat dibutuhkan.

Konsep Deep Learning muncul sebagai solusi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Deep Learning tidak hanya mengacu pada penggunaan teknologi canggih, tetapi juga mencakup pendekatan pedagogis yang mendalam dan menyeluruh. Nugraha (2021) menjelaskan bahwa Deep Learning berfokus pada pembelajaran yang lebih mendalam, di mana siswa tidak hanya menghafal informasi, tetapi juga memahami dan menerapkan pengetahuan dalam konteks yang lebih luas.

Dalam konteks pendidikan holistik, terdapat tiga aspek utama yang perlu diperhatikan: Mindful Learning, Meaningful Learning, dan Joyful Learning. Ketiga aspek ini saling berhubungan dan dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan siswa secara menyeluruh.

Dengan menerapkan ketiga pendekatan ini, diharapkan generasi yang cerdas dan kreatif dapat dibentuk, siap menghadapi tantangan global yang semakin kompleks.

I. Mindful Learning

Definisi

Mindful Learning adalah pendekatan pembelajaran yang menekankan kesadaran penuh dan kehadiran saat proses belajar berlangsung. Dalam Mindful Learning, siswa diajak untuk fokus pada pengalaman belajar mereka, merasakan setiap momen, dan mengembangkan kesadaran diri.

Hal ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Nasihudin et al. (2024), yang menunjukkan bahwa mindfulness dapat meningkatkan fokus belajar siswa, terutama dalam mata pelajaran yang memerlukan konsentrasi tinggi seperti biologi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline