Lihat ke Halaman Asli

Ericko Sinuhaji

Mengangkat Tema Yang Penting Namun Terlupakan

Mari Menggelorakan Membaca Buku Jadi Tren di Era Normal Baru

Diperbarui: 16 Agustus 2020   20:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Surga Dunia

Menarik sebenarnya jika kita memperhatikan bahwa masa pandemi ini membuat banyak tren kebiasaan baru lahir dan dilakukan banyak orang. Ada orang-orang yang menjadi rajin memasak. Ada juga orang-orang yang sekarang menjadi suka berkebun. Dan seiring juga dengan pemerintah yang sudah mencabut pembatasan sosial berskala besar dan menetapkan normal baru, orang-orang juga mulai suka bersepeda. Keadaan pandemi ini seakan mendorong kita aktif menggunakan waktu dengan melakukan hal-hal baru yang bermanfaat.

Namun, dari seluruh kebiasaan baru yang hadir dan menjadi tren di tengah masyarakat kita saat ini, anehnya kebiasaan baik membaca buku masih juga absen di tengah-tengah kita. Ini sangatlah disayangkan, mengingat membaca buku memberikan banyak sekali manfaat bagi kita. Wawasan yang semakin luas, ide-ide segar yang bisa didapatkan, dan cara berpikir yang semakin dalam dan kritis setidaknya adalah menjadi manfaat dari membaca buku. Setelah menyadari manfaat itu, kenapa kita masih terus tidak membiasakan membaca buku menjadi sebuah tren di era kenormalan baru ini?

Mendapati pertanyaan itu, mungkin yang pertama kali terlintas di benak kita bahwa membaca buku itu adalah aktivitas yang membosankan. Alih-alih membaca buku, kita memang membiasakan diri lebih tertarik pada hal-hal lainnya yang kita anggap “menyenangkan” saja. Belum lagi mantra “sesat” yang terus berulang di masyarakat kita yang menyatakan budaya kita adalah budaya lisan (lihat keterangan no 1 dibawah). Dan ditambah dengan serbuan berbagai media sosial yang menyita waktu kita, lengkap sudahlah alasan kita untuk terus melalaikan membaca buku menjadi sebuah kebiasaan.

Sejatinya apabila kita memperhatikan kebiasaan-kebiasaan baru yang telah hadir menjadi tren di era normal baru saat ini (seperti memasak, berkebun, bersepeda, dst.), seluruh kebiasaan itu sebenarnya bukanlah hal yang benar-benar baru dilakukan orang-orang. Bahkan, jika kita memperhatikan secara jujur, ada masa dimana kegiatan-kegiatan itu dianggap tidak seru dan juga membosankan! Dengan demikian, kita pun menjadi semakin sadar bahwa sebenarnya membaca buku pun bisa turut digelorakan dan diarusutamakan menjadi tren di tengah masyarakat.

Kebiasaan membaca buku bahkan semakin menemukan urgensinya di tengah-tengah situasi bangsa kita saat ini. Sebagai contoh, sekarang banyak sekali beredar diantara kita informasi-informasi yang tidak benar (hoaks) utamanya melalui media-media sosial. Yang paling hangat tentunya informasi-informasi mengenai spekulasi seputar virus Korona. Dengan masyarakat kita yang tidak terbiasa menelaah bacaan secara kritis, maka kita bisa bayangkan betapa gampangnya kita terprovokasi oleh informasi yang sifatnya tidak akurat dan sepihak saja. Ini tentulah bukan suatu hal yang ideal dan haruslah segera kita tanggulangi.

Untuk menanggulanginya, maka marilah kita tabuh gendang, tifa, dan rebana untuk mengajak semua orang mulai gemar membaca buku. Sekarang ini tidak kurang konten-konten kreatif yang menggambarkan makanan-makanan lezat, riasan-riasan yang indah, tempat-tempat wisata yang unik dan menarik, dst. Mengapa kita tidak mulai melakukan hal serupa juga untuk menciptakan konten-konten kreatif yang berbicara, berdiskusi, bercerita, dst. mengenai buku dan buku? Utamanya buku-buku yang memang menarik dan bermanfaat bagi orang banyak.

Pembahasan mengenai buku akan sangat menarik karena menawarkan kekayaan pemikiran dari masing-masing orang yang membaca buku. Seorang bijak pernah berkata, apabila kita bertukar makanan, maka masing-masing orang hanya akan memiliki makanan yang dipertukarkan. Namun saat kita bertukar ide, maka masing-masing orang sekarang akan memiliki dua ide. Bayangkanlah jika seluruh rakyat Indonesia cinta buku, maka berguyuran lah ide-ide dan terobosan-terobosan baru di berbagai bidang di negeri ini!

Jika kita memperhatikan konten-konten soal bacaan/buku dari negeri Barat, misalnya, kita bisa lihat betapa bergairah dan bersemangatnya orang-orang luar dalam membahas buku. Konten-konten klub buku seperti Oprah's Books Club, misalnya, begitu hidup dan ditonton oleh banyak sekali orang. Seakan-akan mereka itu bangsa yang “rakus” buku. Untuk hal yang baik ini, sudah sepatutnya kita belajar dan meniru mereka.

Seandainya membaca buku ini akhirnya menjadi tren baru di tengah-tengah kita, maka kebiasaan ini akan semakin melengkapi kegiatan-kegiatan baik yang biasa kita lakukan. Orang-orang akan “rakus” membaca buku untuk semakin menambah wawasan dan kapasitas dirinya. Maka kita akan menemukan, orang-orang yang suka memasak mengambil buku masaknya untuk mempelajari masakan yang lebih baik lagi. Begitu juga dengan para pekebun yang langsung mengeluarkan buku sakunya untuk semakin mendalami mengenai teknik-teknik berkebun yang baik. Atau orang-orang yang baru saja selesai menggowes sepeda sibuk bercengkerama mengenai ide-ide dan buku-buku menarik yang baru saja mereka baca, dst. Ah betapa indahnya jika ini semua bisa menjadi kenyataan!

Abang Korea aja doyan baca buku

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline