Lihat ke Halaman Asli

Sony Raksasa Elektronik Vs Samsung Perusahaan Kemarin Sore

Diperbarui: 27 Juni 2015   13:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

Picture dari tm Battle.com

Kompasiana.com - Mendengar Merk Samsung dan Sony akan tahu di benak kita bahwa mereka adalah Perusahaan Elektronik dan Teknologi terbesar diDunia...Mundur dari Beberapa tahun lalu tepatnya tahun 1983 Samsung belum pernah mengerti dan bermain elektronik . Samsung Hanya lah Perusahaan Makanan khususnya Mie pada waktu itu. Dan Sony Telah memproduksi Elektronik pada waktu itu juga. Artinya Kita Berpikir Samsung tidak akan pernah menyamai teknologi dan keperkasaan Sony dalam membuat elektronik. Berbeda Perusahaan Sony , Perusahaan  Sony didirikan pada 7 Mei 1946 dengan nama Perusahaan Telekomunikasi Tokyo dengan sekitar 20 karyawan. Produk konsumen mereka yang pertama adalah sebuah penanak nasi pada akhir 1940-an . Yang artinya Sony sudah lebih maju dalam bermain di dunia telekomunikasi dan memproduksi Alat rumah tangga Listrik pada waktu itu , Beda Dengan Samsung yg hanya memproduksi Makanan.

Pada 1988 Sony mulai merintis menjadi perusahaan Rekaman , Sony membeli CBS (Columbia) Records Group dan perusahaan AIWA untuk memperkuat bisnisnya. dan Sony juga memperkuat line bisnisnya dengan membuat media player dan media penyimpanan dalam bentuk kaset Betamax untuk melawan format VHS buatan JVC. Pada akhirnya, VHS mendapatkan tempat di pasaran luas dan menjadi standar dunia untuk pemutar kaset video rumahan dan Sony terpaksa mengalah.

Sony terus mencoba taktik yang sama dengan teknologi ciptaan mereka selanjutnya; misalnya format rekaman digital mereka, Minidisc didorong untuk menjadi pengganti kaset audio sementara saingannya memilih CD-R dan MP3. SOny semakin meraksasa pada waktu meproduksi TV Trinitron Colour pada tahun 1968 dan Walkman Personal Stereo (1979). sedangkan samsung mulai berbisnis elektronik dengan membentuk perusahaan Samsung Electronics pada 1969 di Daegu, Korea Selatan dengan nama Samsung Electric Industries yang pada mulanya memproduksi perangkat elektronik seperti TV, kalkulator, kulkas, pendingin ruangan dan mesin cuci. Pada 1981, perusahaan ini telah memproduksi lebih dari 10 juta TV hitam-putih. Pada 1988, perusahaan ini bergabung dengan Samsung Semiconductor & Communications.

Ponsel Samsung Produksi Pertama Pic Taken by Samsung Blog

Sony dan Samsung semakin besar dengan terjun di dunia seluler , Sony merapat dengan joint venture dengan perusahaan Swedia Eryccsson dan Samsung  Pada tahun 1993, Samsung Mobile Phone merilis seri SH-700 ANyCALL yg berbetuk Flip. dan makin tahun makin di kembangkan..Sony juga semakin mengembangkan dan mendekati Erycsson untuk mengembangkan teknologi seluler hingga akhirnya menjadi merk Sony Ericsson.

Sony Ericsson merupakan perusahaan patungan yang didirikan pada tanggal 1 Oktober 2001 oleh perusahaan elektronik Jepang Sony Corporation dan perusahaan telekomunikasi Swedia Ericsson untuk memproduksi ponsel. Alasan lain untuk usaha ini adalah untuk menggabungkan keahlian elektronik konsumen Sony Ericsson dengan pengetahuan teknologi di sektor komunikasi.
Pada bulan Agustus 2001, kedua perusahaan (Sony dan Ericsson )telah merampungkan persyaratan merger mengumumkan pada bulan April. Perusahaan ini memiliki tenaga kerja awal 3.500 karyawan. Penggabungan kedua perusahaan tersebut tidak berjalan mulus, pangsa pasar Ericsson benar-benar jatuh dan pada bulan Agustus 2002, Ericsson mengatakan akan berhenti membuat ponsel dan mengakhiri kemitraan dengan Sony jika bisnis terus mengecewakan Namun, pada Januari 2003, kedua perusahaan mengatakan mereka akan menyuntikkan lebih banyak uang ke joint venture dalam tawaran untuk membendung kerugian.
Sony Ericsson Cyber-shot, diluncurkan pada tahun 2006 dalam model-model terbaru dari ponsel seri K. Rentang ponsel ini difokuskan pada kualitas kamera yang disertakan dengan telepon. Cyber-shot telepon selalu menyertakan flash, beberapa dengan xenon flash, dan juga termasuk kamera auto-focus. Sony Ericsson menggebrak kampanye pemasaran global untuk ponsel Cyber-shot n C702, C902 dan telepon C905. Model terbaru, S003, yang diluncurkan pada 2010 untuk pasar Jepang saja. Sony dan Samsung memproduksi pertama ponsel dengan sistem operasi Java dan selanjutnya Symbian dengan Seri  P series nya.

Samsung kala itu masih bermain di Ponsel dengan sistem Java dan Symbian denagn beberapa series, i300 (Palm OS) i300 (Windows Mobile) i330 i500 i550 i600 i607 (BlackJack) i617 (BlackJack II) i627 (Propel Pro) i637 (Jack) i667 (Focus 2) i700 i760 i770 i847 (Rugby Smart) i900 (Omnia).

Semenjak Google Merilis Android Diperkenalkan pertama Merk HTC pada tahun 2008 ( Untuk menyaingi iOS milik Apple iphone 2G)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline