Lihat ke Halaman Asli

Erfransdo

Journalist, Traveler

Timnas Indonesia Juara AFF U-19 Usai Tumbangkan Thailand 0-1

Diperbarui: 29 Juli 2024   22:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Timnas Indonesia U-19 sabet gelar AFF yang kedua (x.com/@idextratime)

Timnas Indonesia U-19 berhasil menjuarai Piala AFF U-19 setelah pecundangi Thailand U-19 di partai final. Gol Jens Raven di menit ke-17 mengunci kemenangan bagi timnas Garuda muda sekaligus gelar AFF di kelompok umur U-19 yang kedua. Uniknya, kedua gelar tersebut berhasil dipersembahkan oleh pelatih yang sama, yakni Indra Sjafri.

Tim asuhan Indra Sjafri berhasil melaju ke partai puncak usai mempermalukan Malaysia U-19 dengan skor 1-0 di babak semi final. Gol kemenangan timnas dicetak oleh bek tangguh bernama Alfharezzi Buffon. Sementara itu Thailand susah payah mengalahkan Australia 1-0 berkat blunder yang diciptakan oleh tim lawan.

Partai puncak diselenggarakan di Gelora Bung Tomo, Surabaya dengan jumlah penonton lebih dari 35.000 orang. Jumlah tersebut menjadi salah satu yang terbanyak dalam ajang sepakbola kelompok umur. Hanya ada sebagian kecil saja pendukung Thailand yang duduk di tribun.

Pada 20 menit awal babak pertama, Indonesia mampu menguasai permainan. Hasilnya, Indonesia berhasil unggul cepat di menit ke-17 memanfaatkan skema tendangan sudut. Tim Garuda muda pun unggul sementara dengan skor 0-1.

Gol tersebut direspons dengan cukup baik oleh timnas Thailand yang mencoba menyamakan kedudukan. Namun, rapatnya pertahanan timnas kita membuat negara peraih gelar terbanyak AFF U-19 itu cukup frustrasi.

Di pertengahan babak pertama, Indonesia harus kehilangan Kafiatur yang mengalami cedera dan harus digantikan oleh Toni. Babak pertama berakhir dengan skor 0-1 untuk kemenangan timnas Indonesia sementara.

Di babak kedua, Thailand bermain lebih terbuka untuk dapat mengejar ketertinggalan. Timnas Indonesia cukup kewalahan menerima serangan cepat dari Thailand. Banyak passing error yang dilakukan oleh pemain-pemain Garuda muda yang membuat permainan Indonesia kurang berkembang.

Di pertengahan babak kedua, Jens Raven mesti ditarik karena cedera. Arkhan Kaka masuk menggantikan pemain yang sudah mencetak 4 gol itu. Sementara itu timnas Thailand semakin gencar melakukan serangan. Beruntungnya, serangan-serangan Thailand masih bisa dipatahkan oleh barisan pertahanan Indonesia.

Hingga peluit akhir dibunyikan, skor 0-1 tidak berubah untuk kemenangan timnas Indonesia. Ini menjadi gelar kedua bagi timnas U-19 di ajang Piala AFF. Indra Sjafri berhasil membuktikan sebagai pelatih terbaik Indonesia yang membawahi timnas kelompok umur. Sebelumnya, pelatih berusia 61 tahun ini sukses mempersembahkan medali emas bagi timnas Indonesia di ajang SEA Games 2023.***




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline