Lihat ke Halaman Asli

K.ao. rU

Mendidik, Meneliti, Mengabdi

Bantu Budayakan Literasi Numerasi di Satuan Pendidikan Dasar Melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Diperbarui: 22 Agustus 2023   22:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

abdan/Dokpri

Pendidikan merupakan pondasi penting dalam membentuk generasi yang kompeten dan siap menghadapi tantangan masa depan. Di era informasi dan teknologi seperti sekarang, perubahan dalam pendekatan pembelajaran menjadi sangat krusial. Salah satu aspek penting dalam pendidikan adalah pengembangan kompetensi literasi dan numerasi, yang memungkinkan siswa untuk memiliki pemahaman mendalam tentang bahasa dan matematika. Berdasarkan Hasil survei yang dilakukan oleh Program for International Student Assessment (PISA), Indonesia termasuk kedalam kategori tingkat kompetensi literasi numerasi yang masih rendah sehingga peningkatan kompetensi literasi numerasi terutama dipendidikan dasar harus menjadi prioritas utama. 

Peranan tenaga pendidik sangat penting dalam mendukung program peningkatan literasi numerasi peserta didik karena akan berdampak kepada kemampuan literasi numerasi peserta didiknya. Pengetahuan tenaga pendidik akan pentingnya literasi numerasi terhadap indeks Pembangunan manusia (IPM) dan kemampuan dalam memaksimalkan penggunaan sarana teknologi informasi dapat menjadi penunjang kegiatan pembelajaran literasi numerasi. Alternatif lainnya seperti penerapan metode pembelajaran berbasis permainan dan pemanfaatan pojok baca yang kreatif dapat membantu meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik.

dok. pribadi

Dalam upaya untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan di SDN Tabing Rimbah 1 terutama dalam hal literasi numerasi, maka Dosen Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat  DRTPM Kemdikbudristek tahun anggaran 2023 melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema diversifikasi media pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi pada SDN Tabing Rimbah 1. Kegiatan yang diketuai oleh Erfan Karyadiputra, Agus Setiawan, dan Sari Kumala dibantu  mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Muhammad Rizal Abdi dan Renny Melanda Febriyanti bertujuan untuk membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan literasi numerasi mitra sesuai konsep merdeka belajar. 

Dalam kegiatan ini, dilakukan serangkaian workshop dan pelatihan seperti workshop tentang pentingnya pengetahuan literasi numerasi terhadap indeks pembangunan manusia (IPM) dan pentingnya penerapan teknologi informasi sebagai media penunjang literasi numerasi serta pelatihan media pembelajaran berbasis teknologi informasi menggunakan Canva dan Quizizz. Selain itu juga dilaksanakan  kegiatan role playing market day, kegiatan bermain badaku dan  pembuatan pojok baca yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik di SD Negeri Tabing Rimbah 1.

dok. pribadi

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang mulai dilaksanakan tanggal 16, 18, 21 sampai 22 Agustus 2023 ini berhasil memperkenalkan pendekatan baru dalam pembelajaran yang dapat diadopsi oleh tenaga pendidik dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat dasar terutama di SDN Tabing Rimbah 1. Melalui kegiatan ini, peserta diharapkan dapat mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh sehingga dapat menyusun media pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi peserta didik di SD Negeri Tabing Rimbah 1.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline