Lihat ke Halaman Asli

Erfan Ferdiansyah

Mahasiswa UNIVERSITAS 17 Agustus 1945 Surabaya

Pengembangan UMKM dalam Program Kerja KKN UNTAG Surabaya

Diperbarui: 17 Desember 2022   18:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1.1 Kelopmpok UMKM  Desain ( Sumber : Dokumen pribadi )

KKN atau Kuliah Kerja Nyata merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan harapan mahasiswa dapat mengatasi suatu masalah dan memberikan solusi dalam lingkungan tertentu. Kegiatan KKN menjadikan ajang bagi mahasiswa untuk belajar dan mendapatkan ilmu tentang kehidupan dalam bermasyarakat. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya menyelenggarakan kegiatan KKN dengan tema "Penguatan Ikon Kampung Wisata Surabaya". KKN juga bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat, tidak terkecuali pada mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945  Surabaya.

Kegiatan KKN yang dilakukan oleh salah satu mahasiswa UNTAG Surabaya, Erfan Ferdiansyah mahasiswa jurusan Teknik Sipil Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Kegiatan KKN dilaksanakan selama 12 hari dengan didampingi  Ibu Mirza Fathima Jauhar Kamalia, S.hum., M.hum selaku dosen pembimbing lapangan UNTAG Surabaya.  Program kerja yang ia lakukan membantu UMKM sekitar dalam Pengembangan digital marketing, diantaranya membuat desain logo UMKM, membantu menata pemasaran produk di media sosial, dan membuat desain website profil UMKM yang ada di RW 2 Medokan Semampir Surabaya. Tujuan dari kegiatan ini yakni untuk membantu mitra untuk mengembangkan dan memperluas jangkauan pejualan di era berkembangnya teknologi seperti saat ini. Dengan diharapkan para mitra UMKM RW 2 Medokan Semampir Surabaya  bisa bersaing dengan para pelaku usaha lainnya.

Gambar 1.2 Hasil desain logo UMKM ( Sumber : Dokumen pribadi )

Gambar 1.3 Produk UMKM RW 2 Medokan Semampir Surabaya ( Sumber : Dokumen pribadi )

Melalui program kerja yang telah dilakukan oleh Erfan selama 12 hari mulai dari tanggal 12 November hingga 18 Desember di RW 2 Medokan Semampir Surabaya. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi, melalui media sosial instagram dan website produk yang dijual akan menjadi lebih dikenal oleh masyarakat. Selain itu, dengan semakin dikenalnya produk, maka penjualan  akan lebih meningkat dan juga usaha semakin berkembang. Penggunaan media sosial dan website  juga sangat membantu UMKM dalam berjualan, hal tersebut menjadi salah satu upaya dalam memberikan identitas dan juga informasi mengenai produk yang dijual oleh suatu UMKM tersebut.

Gambar 1.4 UMKM Geprek bu Rina berfoto dengan wakil walikota surabaya bapak Armuji ( Sumber : Dokumen pribadi )

Link website profil UMKM RW 2 Medokan Semampir : https://medokansemampirrw02.github.io/profil




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline