Lihat ke Halaman Asli

Erenzh Pulalo

Akun Baru

Kontra Irak, Indonesia Wajib Bertahan dan Memanfaatkan Counter Attack

Diperbarui: 15 Januari 2024   07:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selebrasi pemain Indonesia, Yacob Sayuri | Bola.net

Tim Nasional Indonesia bakal melakoni laga big match melawan Irak hari ini (15/1/2024) pada laga pembuka Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmed bin Ali Stadium, Qatar. 

Anak asuh Shin Tae-yong semua dalam siap tempur habis-habisan guna melawan tim kuat dari Asia Barat ini. Jika di lihat dari ranking FIFA memang sangat jauh perbedaan kedua tim. Indonesia berada di peringkat 145, sedangkan Irak berada di peringkat 63.

Selain itu, had to had kedua tim juga sangat berbeda. Timnas Indonesia mempunyai memori kelam yang menyakitkan jika berjumpa Irak. Terakhir perjumpaan kedua tim terjadi di Kualifikasi Piala Dunia pada 16 November 2023. Laga yang berlangsung di Basra Internasional Stadium itu berakhir dengan skor telak 5-1 untuk kemenangan Irak. Gol Singa Mesopotamia (julukan Timnas Irak) di cetak oleh Rasan (20'), gol bunuh diri dari Jordi Amat (35'), Osama Rashid (60'), Amyn (81') dan Al-Hamadi (88'). Sedangkan satu gol Indonesia di cetak oleh Pattynama (45+3'). 

Di atas kertas kualitas Timnas Indonesia berbeda jauh dengan kualitas pemain-pemain Irak. Namun semua bisa berubah. Yacob Sayuri dan kawan-kawan diharapkan mampu memberikan perlawanan kepada Irak. Apalagi saat ini Timnas Indonesia sudah banyak perubahan baik fisik dan permainan tim.

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong juga bakal melakukan banyak perubahan di skuad Indonesia. Menantang tim yang pernah juara Piala Asia di tahun 2007 ini tentu harus banyak bertahan dan juga mengandalkan kecepatan pemain, karena secara penguasaan bola tentu akan dipegang oleh Irak yang memiliki persentase pengusaha bola terbaik di Asia, namun jika ingin membuat kejutan menjadi tim underdog di Piala Asia 2024. Timnas Indonesia bisa banyak mempelajari dari Timnas Maroko di Piala Dunia 2022 lalu dimana kuat dalam bertahan dan mengandalkan counter attack dengan memanfaatkan kecepatan pemain depan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline