Lihat ke Halaman Asli

Spiritual Timnas 2012 (Kekuatan Kedua Garuda)

Diperbarui: 24 Juni 2015   21:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Besok kesebelasan Kamerun akan meladeni timnas Garuda di laga uji coba atau pertandingan persahabatandalam rangka mematangkan kesebelan Indonesia menuju piala AFF 2012.Harapan paling utama yang sesuai dengan tujuan uji coba pasukan garuda, adalah menguji pertahanan tim, menguji kecepatan dan membangun serangan untuk menjebol gawang. Satu lagi yang juga menjadi perhatianadalah kecepatan berkreasisecara team untuk membangun serangan dalam kondisi apapun, atau menyatukanvisi pemain saat menyerang maupun bertahan.

Sebagai pertandingan uji coba, membahas kemampuan kamerun tentunya banyak yang bisa menjadi bahan diskusi. Namun disini lebih cenderung melihat sisi unik team Kamerun, yaitu sisi spiritual yang pernah menjadi topik menarik dunia ketika jelang pertandingan penyisihanGroup Piala Dunia 2010, saat melawan Belanda.

Opini yang beredar saat itu adalah kekuatan ilmu hitam yang telah turut bertanding di lapangan. Kebiasaananeh dan takhayul saat memasang urutan ikatan tali sepatu, mencium tiang gawang, atau melakukan ritual saatberberes tas olahraga, sempat menjadi gossip yang mendunia, walaupun toh akhirnya Kamerun tidak juga menjadi juara.

Itulah dinamika sepakbola, yang terkadang selain berfikir sisi teknis namun pada kenyataannya sisi non teknis seperti spiritual, tekad, semangat dan ambisi menjadi bagian yang rame diperdebatkan dan diperhitungkan. Lantas apa hubungannya dengan Timnas Garuda kita yang sebentar lagi akan berlaga di Malaysia?

Saat ini timnas kita memiliki dorongan spiritual yang luar biasa.

Tadi pagi di Metro tv, sang pelatih Nil Maizar dengan penuh percaya diri dan berserah kepada Allah bahwa tinggal keputusan Tuhanlah yang menentukan. Semua sudah dipersiapkan dengan baik walaupun disertai oleh gangguan yang tak pernah berhenti. Demikian juga ungkapan Ellie Aeboy pemain senior yakin bahwa team siap melakukan hal terbaik bagi Indonesia. Ellie Aeboy sadar bahwa dia berada pada jalur yang benar, dan itu membuat semangat teman-temannya untuk berjuang mati-matian kelak di Piala AFF 2012.

Dorongan spiritual khas Indonesia adalah mengandalkan kekuatan Tuhan yang maha esa. Percaya bahwa kehendak Tuhan adalah jalan terbaik bagi sepakbola Indonesia. Kalau toh Tuhan menghaki kemengan, taka ada seribu bahkan sejuta manusia yang mampu melawan kehendakNya.

Memohon kekuatan Tuhan bukan berarti seperti memohon kepada Romi Rafael untuk menghipnotis lawan menjadi lemah, atau memohon gaya ilmu sihir kamerun yang menghendaki lawan menjadi tak berkutik oleh mantera, namun untuk Indonesia memohon dengan realisitis.

Timnas telah ditempa oleh latihan keras, pahitnya bertanding dilapangan telah mereka rasakan. Mulai dari menjadi bulan-bulanan oleh Bahrain, kemudian pertandingan persahabatan melawan team-team kuat Eropa, seperti Milan, Valencia, serta Philipina, Korea Utara, Vietnam, Brunei, Timor Leste yang boleh dibilang kemampuan Timnas mengalami trend positif selama uji coba, maka ajaran berusaha dan berdoa dengan sungguh-sungguh sudah dijalankan. Tinggal sekarang apakah skenaria Tuhan sama dengan apa yang dikehendaki masyarakat, maka teruslah memohon.

Banyak yang berharap agar rancangan Tuhan terhadap perjalanan Timnas sesuai dengan rancangan pendukung Garuda yaitu dengan membawa pulang Piala AFF 2012. Itulah doa yang selalu dilayangkan semua pendukung timnas Garuda. Karena Piala AFF 2012 diyakini menjadi momentum penting dalam rekonsiliasi sepakbola Indonesia.

Anehkah timnas menggunakan kekuatan spiritual? Sepanjang kekuatan spiritual itu bukan seperti Kamerun, atau sesuai dengan ciri khas bangsa Indonesia, yaitu memohon dan berserah kepada Tuhan yang dilandasi usaha tanpa lelah, maka dijamin tidak aneh.

Bangsa kita saja memperoleh kemerdekaan juga berdasarkan kekuatan spiritual sebagaimana tercantum dalam pembukaan UUD 45 alinea ke 3 yaitu :

"Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya."

Semoga Timnas mampu membawa pulang Piala AFF 2012 sebagai isyarat berhentinya pertikaian sepakbola Indonesia dan merdekanya sepakbola Indonesia dari segala cengkaraman kejahatan sepakbola.

Dukung timnas Garuda, simak

GARUDA GAPAILAH PRESTASI

http://www.youtube.com/watch?v=pwcBfm7XkMM

Download music

http://www.4shared.com/mp3/xM0S816Z/GARUDA_GAPAILAH_PRESTASI.html?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline