Lihat ke Halaman Asli

16 Caleg Hukum PDIP Lolos ke Senayan

Diperbarui: 23 Juni 2015   22:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dari 109 anggota DPR RI 2014-2019 yang akan dilantik dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), ternyata jumlah caleg yang berlatar belakang hukum yang lolos ke Senayan berjumlah 16 orang. Meskipun pada awalnya caleg berlatar belakang hukum dari PDIP yang mengikuti pertarungan ke Senayan pada Pileg 2014 lalu berjumlah 112 orang. Sisanya alias 96 orang caleg hukum tersebut gagal melenggang ke Senayan.

Senyatanya PDIP merupakan partai yang menempatkan caleg berlatar belakang hukum lebih banyak dibanding parpol lainnya, yakni 20% dari total 560 caleg (hukumonline.com). Dari caleg hukum yang lolos terdapat beberapa nama yang pernah menjadi anggota DPR RI periode sebelumnya Trimedya Panjaitan (Sumut II), Tjahjo Kumolo (Jateng I), dan Ahmad Basarah (Jatim V). Sedangkan Dwi Ria Latifa (dulu anggota DPR RI periode 2004-2009), kali ini kembali lolos ke Senayan.

Wajah baru pun tampak di Pileg 2014 ini, seperti Henry Yosodiningrat dan Junimart Girsang yang keduanya berprofesi sebagai Advokat/Pengacara. Hal yang tidak aneh mengingat Trimedya Panjaitan dan Dwi Ria Latifa pun saat tidak menjadi anggota DPR RI pun berprofesi Pengacara. Berikut nama-nama caleg hukum yang lolos ke Senayan dari PDIP:

1.Trimedya Panjaitan, S.H., M.H.

2.DR. Junimart Girsang, S.H., MBA, M.H.

3.Marsiaman Saragih, S.H.

4.HR. Erwin M. Singajuru, S.H., M.H.

5.H. KRH. Henry Yosodiningrat, S.H.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline