Lihat ke Halaman Asli

Bioma TAIGA

Diperbarui: 17 Juni 2015   07:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Bioma Taiga merupakanhutan yang tersusun atas satu spesies seperti konifer, pinus, dan sejenisnya. Semak dan tumbuhan basah sedikit sekali,. EKOSISTEM BIOMA TAIGA Taiga mendapat antara 15 dan 30 inci curah hujan setahun. Di musim panas, suhu bias mencapai 70-an. Di musim dingin, suhu bias sedingin 65 derajat di bawahnol! Taiga inikadang-kadang disebut konifer aatau hutan boreal.

JENIS FAUN DAN FLORA YANG MENDOMINASI HABITAT BIOMA TAIGA

fauna di bioma Taiga beruang hitam, rusa, karibau, rubah, anjing hutan, martin, ajax, tupai, burung gagak hitam, dan srigala, Berbagai jenis burung pada musim panas dating ke taiga dan pada musim dingin beremigrasi. Selain itu juga terdapat berbagai serangga mendominasi pada keadaan tertentu seperti kumbag, semut, langau kerbau (hornets), lebah, capung, dan aphids.

Flora di Bioma Taiga merupakan hutan yang tersusun atas satu spesies dan jenis vegetasi yang mendominasi adalah jenis vegetasi konifer, sehingga hutan yang ada di wilayah bioma taiga sering juga disebut dengan hutan konifer. Diantaranya picea, alder, birch, juniper, black spruce, white spruce, tamarack, aspen, abies, pinus, larix, cotton wood, willow, twinflowers, raspberries, high bush, rose hipe, fireweed, mosses, lichenes, crowberries, currants, dwarf dogwood, lingon berries dan sejenisnya. Semak dan tumbuhan basahs edikit sekali. JENIS KONIFER, flora yang mendominasi habitat bioma. Bioma Taiga merupakan bioma terluas dari bioma-boma lain yang ada di bumi.Bioma Taiga (Coniferus)

Ciri-ciri biomataiga :

1.Mempunyai musim dingin yang cukup panjang dan musim kemarau yang panas dan sangat singkat

2.Selama musim dingin, air tanah berubah menjadi es dan mencapai 2 meter di bawah permukaan tanah

3. Jenis tumbuhan yang hidup sangat sedikit, biasanya hanya terdiri dari dua atau tiga jenis tumbuhan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline