Lihat ke Halaman Asli

Epa Juliana

Mahasiswa

Lemang Khas Masyarakat Aceh Saat Mak Megang

Diperbarui: 30 Maret 2022   08:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Meulaboh 30/03/2022 . 

Mak Meugang atau di sebut dengan hari meugang merupakan hari tradisi masyarakat aceh sebelum melaksanakan ibadah puasa dibulan ramadhan, dan didalam hari ini para masyarakat sibuk untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan dan macam macam jenis mskanan untuk di santap bersama keluarga dan saudara pada hari Mak Meugang tersebut.

Salah satu nya adalah lemang yang sudah menjadi ciri khas tersendiri pada kutika  mak meugang , karena hampir semua rumah  masyarakat menyediakan Lemang tersebut yang nanti nya akan di nikmati bersama dengan hidangan lain nya, seperti Tape ketan ketupat dan timphan.

Lemang adalah makanan yang terbuat dari ketan atau juga buah labu  yang di masak  dalam wadah khusus yaitu bambu yang berdiameter 30/40 cm .

Proses pembuatan lemang itu sendiri adalah dengan cara di bakar dengan bara api, dimana bambu bambu yang sudah di isi dengan ketsn dan labu di sandarkan di atas besi dan  bara api.

Proses  tersebut memakan waktu yang cukup lama sekitar setengah hari, dan ini di karenakan harus di bolak balik agar memiliki kematangan yang sempurna.

Setelah Lemang masak kemudian di potong potong lalu di sajikan untuk saudara yang berkunjung  ke rumah di hari mak megang atau untuk di bagikan kepada kerabat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline