Lihat ke Halaman Asli

eny choi

Pekerja sosial

Sinergi Penurunan Angka Stunting

Diperbarui: 23 Juni 2023   20:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Dukungan penurunan angka stunting manjadi program nasional. Stunting adalah gagal tumbuh pada anak berusia di bawah 5 tahun (balita) akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang terutama pada periode 1000 hari pertama kehidupan (1000 hpk). Periode 1000 HPK merupakan periode pertumbuhan dari janin hingga anak berusia 24 bulan.

Pihak Kementrian Kesehatan menegaskan bahwa stunting merupakan ancaman utama terhadap kualitas masyarakat Indonesia. Bukan hanya mengganggu pertumbuhan fisik, anak-anak juga mengalami gangguan perkembangan otak yang akan memengaruhi kemampuan dan prestasi mereka. Selain itu, anak yang menderita stunting akan memiliki riwayat kesehatan buruk karena daya tahan tubuh yang juga buruk. Stunting juga bisa menurun ke generasi berikutnya bila tidak ditangani dengan serius.

Hal ini menjadi dasar bagi Dinas Sosial Kabupaten Jombang untuk ikut peran serta aktif dalam upaya penurunan angka stunting. Capacity building SDM PKH dalam dukungan penurunan angka stunting dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 22 dan 23 Juni 2023 di Hotel Spencer Green Batu. Dikemas berbeda agar bisa menjadi semangat SDM PKH untuk melaksanakan tugasnya dengan baik.

Meski tampilan pembukaan pada hari pertama tanggal 22 Juni 2023 penuh candaan namun sangat berkesan. Kegiatan dengan tema Sosialisasi Program Keluarga Harapan dalam Mendukung Penurunan Angka Stunting Kabupaten Jombang Tahun 2023. Dihadiri oleh Ibu Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab , seluruh Camat Se-kabupaten Jombang, bapak Kadinsos beserta jajarannya, Kordinator Regional Jawa, Kordinator Wilayah Jatim 4 serta 151 SDM PKH.  

Kenapa dengan SDM PKH? Ya, karena Peran SDM PKH dalam upaya pencegahan stunting terintergrasi di tingkat desa dan keluarga. Peran SDM PKH yang dimaksud antara lain adalah sebagai edukator, fasilitator, penyuluh sosial, advokat sosial, dan mobilisator. Sangat penting melaksanakan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) menyampaikan materi stunting sebagai upaya pencegahan terjadinya stunting, pesan bapak Anang Mega Cahyo selaku koreg wilayahJawa, pemateri di hari kedua (23/6/2023).

Kemudian pesan bapak Korwil Agus Surya Pramono sebagai pemateri kedua, menekankan tentang bagaimana SDM PKH tetap mengikuti aturan dan rambu-rambu dalam menjalankan tugas sebagai SDM PKH.

Demikian Sosialisasi Program Keluarga Harapan dalam Mendukung Penurunan Angka Stunting Kabupaten Jombang Tahun 2023 berjalan dengan lancar. Terimakasih kepada semua pihak yang sudah mendukung kegiatan hingga berjalan sukses. Salam SIP santun integritas profesional.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline