Lihat ke Halaman Asli

Eny Ivans

I am who am

Berlibur di Pantai Klara Lampung yang Menawan Hati

Diperbarui: 11 Desember 2020   05:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto di tengah dermaga pelangi

Melihat sunset dengan sempurna

Salah satu tempat wisata paling diminati banyak orang adalah pantai yang dihiasi dengan pasir putih yang menghampar panjang disisinya. Bagi sebagian orang, pantai merupakan media terapi tersendiri seperti memberikan efek ketenangan dan memperbaharui suasana hati agar menjadi lebih semangat dan fresh. Banyak sebagian masyarakat memilih liburan ke pantai karena dianggap lebih ekonomis, lebih dekat dengan alam, dan tentu saja karena ingin bermain-main dengan air. Selain itu, di zaman yang menuntut eksistensi seseorang, pantai menjadi salah satu destinasi yang dicari karena spot-spot yang menarik untuk dijadikan background foto dan diupload ke media sosial. 

Provinsi Lampung terkenal dengan beragam destinasi pantai yang berhias pasir putih. Hal ini karena secara geografis, Lampung berada di ujung timur Pulau Sumatra yang dikelilingi oleh perairan yang sangat luas diantaranya Samudra Hindia di sisi barat, Laut Jawa di sisi timur dan Selat Sunda di sisi selatan. Banyaknya wisata pantai yang berada di pesisir-pesisir Lampung ini menjadi sumber pendapatan pariwisata bagi daerah dan dinas terkait. Salah satu wisata pantai yang paling menarik adalah Pantai Klara yang berada di Kabupaten Pesawaran. Pantai Klara dikelola oleh TNI Angkatan Laut sehingga untuk keamanannya tidak diragukan lagi. 

Pantai Klara juga dikenal dengan istilah Kelapa Rapat, karena adanya anggapan masyarakat akan banyaknya pohon kelapa yang terkesan berjejer rapat di sepanjang pantainya. Hamparan pasir yang luas menambah daya tarik Pantai Klara dan memberikan kesan ramah kepada para pengunjung untuk bermain-main. Kondisi perairan yang bersih dan jernih juga menjadi point plus bagi para wisatawan karena bertamasya menjadi lebih nyaman dan happy. Berikut ini 5 hal yang membuat Pantai Klara wajib untuk kalian kunjungi bersama orang-orang yang kalian sayangi seperti pasangan, keluarga dan teman-teman kerja.

1. Harga Tiket

Sebagaimana harga tiket masuk pada umumnya, harga tiket masuk ke Pantai Klara terbilang ekonomis. Untuk kalian yang menggunakan kendaraan mobil, anda hanya dikenai tarif tiket sebesar Rp 50.000, harga ini sudah termasuk jumlah orang yang ada di dalam mobil dan tiket parkirnya. Adapun untuk kalian yang menggunakan sepeda motor, tarif tiket masuk hanya dikenai biaya sebesar Rp 15.000. Jadi bagaimana? Tergolong murah dan ramah di kantong bukan?

2. Fasilitas Ibadah dan Toilet

Namanya tempat wisata sungguh sangat penting bagi pengunjung jika dilengkapi fasilitas ibadah dan toilet umum. Di Pantai Klara, untuk fasilitas publik yang tersedia diantaranya adalah Musholla yang bersih dan bagus. Musholla yang sudah dibangun secara permanen dan berkeramik ini membuat khusyuk pengunjung untuk beribadah. Toilet yang ada juga bersih dan sudah terpisah antara laki-laki dan perempuan. Untuk tarif mandi dikenakan sebesar Rp 5.000 dan untuk tarif buang air kecil dikenakan Rp 3.000. Warung-warung yang menjajakan makanan juga tersedia di sepanjang pantai lengkap dengan souvenir untuk oleh-oleh seperti pakaian, topi pantai, dan lain-lain. Adapun untuk tempat parkir juga tersedia luas karena lokasi Pantai Klara yang sangat luas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline