Lihat ke Halaman Asli

Humanisasi Unpar

Diperbarui: 27 Oktober 2022   22:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Jadi humanisasi Unpar  yang diselenggarakan pada tanggal 23 Oktober 2022 terasa meyenangkan. Kita diberikan berbagai pengetahuan baru sepanjang jalannya kegiatan humanisasi. 

Di dalam kegiatan tersebut kita diharuskan mempresentasikan berdasarkan topik yang telah diberikan sebelumnya. Kita juga mengikuti beberapa ice breaking semacam games quizziz yang cukup seru dan menantang. Pengalaman yang dapat saya ambil selama saya mengikuti humanisasi Unpar ini adalah, saya menjadi lebih tahu bahwa bagaimana cara kita bekerja sama dalam sebuah kelompok baru dengan orang-orang yang tidak kita kenal.  

Selain itu juga saya diajarkan bahwa logika dan bahasa dalam berbangsa bernegara agar dapat menjaga relasi kita dengan sesama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dari konflik.  Banyak sekali manfaat yang saya dapatkan dari mengikuti kegiatan gladi humanisasi ini diantaranya, saya memiliki banyak pengetahuan baru mengenai bahasa berperan penting bagi sesama kita serta mendapat banyak relasi dengan teman-teman baru yang saya tidak kenal pada awalnya. 

Saya rasa penggunaan bahasa ini sangat berpengaruh terhadap lingkungan saya terutama di lingkungan perkuliahan dimana saya di haruskan bertemu dengan banyak orang. Ada beberapa hal yang dapat saya terapkan pada lingkungan kuliah saya. Saya harus lebih bersikap empati dan simpati kepada orang yang tidak di kenal serta membuka teman sebanyak-banyaknya tanpa membedakan suku, latar belakang, budaya, agama , dan lain-lainnya. 

Dilain sisi banyak cara kita untuk mengembangkan kemampuan kita dalam berpikir dan juga berbahasa yaitu dengan cara perbanyak pengetahuan kita mengenai bagaimana cara tutur kata yang bijak dan sopan sehingga apa yang kita ucapkan tidak menimbulkan konflik atau sebagaimana macamnya. Perluas pertemanan kita agar kita dapat belajar bagaimana cara orang lain berpikir dan juga berbahasa dapat kita pelajari.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline