Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Olahraga Bagi Kesehatan

Diperbarui: 30 Mei 2023   22:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Olahraga merupakan sebuah bentuk kegiatan yang melibatkan aktivitas tubuh yang teratur dan terencana dengan tujuan untuk meningkatkan kebugaran fisik dan kesehatan secara keseluruhan. Tidak hanya akan memperkuat kesehatan secara fisik tetapi juga dapat meningkatkan kesejahteraan mental dalam seseorang. 

Olahraga merupakan peran penting dalam menjaga kehidupan yang sehat dan teratur. Berikut merupakan manfaat yang dapat diperoleh dari rutinitas olahraga yang teratur:

  • Meningkatkan kebugaran fisik : Dengan melakukan olahraga yang terartur, kita dapat meningkatkan kebugaran fisik dengan aktivitas seperti berlari, bersepeda, atau berenang. Aktivitas tersebut dapat meningkatkan kekuatan otot, meningkatkan daya tahan tubuh, dan meningkatkan fleksibilitas tubuh. Selain itu, Olahraga dapat menjaga kita agar mempunyai tubuh yang sehat dan ideal dan dapat mencegah penyakit-penyakit yang terkait dengan masalah berat badan, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes dan kanker tertentu.
  • Meningkatkan kesehatan mental : Selain mempunyai manfaat fisik, olahraga juga dapat meningkat kesehatan mental dalam seseorang, Kesehatan mental yang baik merupakan kondisi dimana seseorang berada dalam kondisi tentram dan tenang, sehingga dapat menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar kita. Aktivitas fisik seperti jalan cepat, berlari dan yoga merupakan aktivitas yang dapat meningkatkan produksi hormon endorphin yang mempunyai tugas untuk mengontrol perasaan bahagia dan stress. Melakukan olahraga yang teratur, juga dapat mengurangi risiko gangguan kecemasan dan depresi. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengatasi gangguan insomnia.
  • Meningkatkan kualitas hidup : Melakukan olahraga secara rutin dan teratur dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang secara keseluruhan. Dengan menjaga tubuh yang sehat dan bugar kita dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan energi yang lebih tinggi. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam seseorang dan merasa lebih baik tentang diri sendiri.
  • Mencegah penyakit dan memperpanjang usia hidup : Dengan melakukan aktivitas aerobik seperti berlari, bersepeda dam berenang dapat memperkuat kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung. Tidak hanya penyakit jantung, olahraga dapat mengurangi risiko kanker. Beberapa penelitan menunjukan  bahwa olahraga yang teratur dapat mengurangi risiko kanker, maupun selama dan sesudah. Selain itu, olahraga yang teratur juga dapat meningkatkan system kekebalan tubuh kita dan membuat tubuh lebih efesien melawan infeksi atau penyakit. Olahraga juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah yang membawa nutrisi dan oksigen dalam tubuh manusia.

Olahraga memiliki peran penting bagi kesehatan kita. Tidak hanya mempunyai dampak bagi kesehatan secara fisik tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan secara mental. Melalui olahraga yang teratur kita dapat merasakan manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh kita agar dapet menjalankan kehidupan sehari-hari dengan sehat dan bahagia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline