Lihat ke Halaman Asli

Relevansi Warung-warung Kecil di Zaman Modern

Diperbarui: 25 November 2024   18:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada masa modern ini, warung-warung kecil sudah berkurang jauh dalam hal relevansi. Popularitas warung-warung kecil banyak dikalahkan oleh minimarket-minimarket yang dapat menawarkan barang yang jauh lebih banyak. Minimarket juga menyajikan harga yang sering lebih bersahabat serta jauh lebih nyaman secara tempat. Keunggulan-keunggulan inilah yang sering membawa pelanggan setia warung kecil menuju minimarket. 

Memang, banyak kelebihan yang ditawarkan oleh minimarket, seperti metode pembayaran, variasi barang, kenyamanan tempat. Kelebihan-kelebihan tersebut tentunya menjadi poin plus bagi mereka yang hanya sekedar berbelanja. Namun, bagi mereka yang ke warung lebih dari berbelanja, ada peran lebih dari warung tradisional. Kelebihan-kelebihan inilah yang membuat warung-warung sekiranya tak dapat tergantikan.

Kelebihan warung yang pertama ialah cita rasa makanan, dimana bisa menjadi penyegar lidah bagi sebagian pelanggan setianya. Cita rasa khas warung ini sulit untuk didapat di minimarket modern, sehingga menjadi poin plus. Selain itu, tidak semua desa/perkampungan memiliki minimarket, dimana masih banyak daerah kabupaten yang belum memilikinya. Tanpa adanya minimarket, tentunya desa-desa tersebut mengandalkan adanya warung untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

Sebuah warung juga tentunya akan memiliki pelanggan setia/turun temurun yang sudah berlangganan selama cukup lama. Hal ini akan menjadi nilai tambah bagi warung tersebut, di mana pelanggan serta penjual dari warung tersebut dapat berinteraksi dengan lebih hangat. Interaksi inilah yang mungkin penting bagi sebagian orang mengingat bangsa Indonesia terkenal dengan persaudaraannya yang tinggi. Dari sinilah salah satu kelebihan utama warung untuk sebagian orang.

Secara umum, warung dan minimarket memiliki perannya masing-masing dan juga segmen pasar sendiri-sendiri. Keduanya memegang fungsi yang berbeda meskipun secara umum menjadi tempat membeli kebutuhan sehari-hari. Namun, perbedaan dan segmentasinya lah yang ditentukan oleh konsumen masing-masing. Semuanya kembali ke diri sendiri baik untuk memilih yang modern ataupun yang tradisional.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline