Lihat ke Halaman Asli

Melejitkan Prestasi Siswa dengan Pemberian Tugas KBM secara Diferensiasi

Diperbarui: 24 Juni 2024   21:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

MELEJITKAN PRESTASI SISWA DENGAN PEMBERIAN TUGAS KBM SECARA DIFERENSIASI

Ditulis oleh: Enok Ratnayu

Setiap siswa berhak menyandang prestasi! Namun demikian dalam KBM terkadang para siswa dibenturkan dengan tugas belajar yang tidak sesuai dengan passionnya. Hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi guru-guru untuk bisa memberikan energi positif sekaligus pemahaman kepada para siswa bahwa setiap orang bisa berprestasi sesuai passionnya. 

 

Salah satu upaya yang bisa dilakukan guru untuk mengatasi hal di atas adalah pemberian tugas belajar secara diferensiasi, yaitu memberi pilihan tugas kepada siswa sesuai bakat, minat, dan kemampuan maksimalnya dalam batas dan rambu-rambu sesuai kurikulum. Jadi, dalam pemberian tugas KBM, hendaknya guru tidak hanya menyediakan satu tugas, tetapi memberi pilihan yang memberi keleluasaan kepada siswa untuk menentukan sendiri tugas seperti apa yang ingin dikerjakannya.

Pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024, saya mengajarkan mapel bahasa Indonesia di Kelas X SMKN 12 Malang. Ada tiga materi KBM yang kami ajarkan kepada para siswa pada semester tersebut, yaitu: negosiasi, biografi & cerita sejarah, serta puisi. Saya mencoba menerapkan teknik diferensiasi, walau masih parsial. Namun di akhir semester saya menemukan pencapaian nilai hasil belajar yang sangat membanggakan bagi saya pribadi.

Di bawah ini, saya kutipkan uraian tugas KBM semester tersebut:

AKTIVITAS KBM BIN KELAS X SEMESTER GENAP 2023/2024

MATERI:

1. NEGOSIASI

a. Membuat PPT (Individu)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline