Lihat ke Halaman Asli

eno damayanti

Mahasiswa Magister Ilmu Linguistik Universitas Jember

Bolu Pandan Kukus

Diperbarui: 14 Juli 2021   14:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Saya lupa, belum memasukkan resep dalam kompasiana. Tujuannya untuk bacaan para pembaca sekaligus jika sewaktu-waktu saya juga lupa paling tidak ada tulisan yang pernah saya post sebagai pengingat diri sendiri. Kemarin membuat kue bolu kukus pandan, rasanya ya kue bolu bau pandan, resepnya mudah rasanya juga pasti nggak kalah sama rasa ala cake berbintang lima. Tapi membuat roti bertekstur empuk dan tidak kaku atau bantat adalah kesenangan bagi diri sendiri. Sedikit banyak harus diapresiasi, ternyata kita bisa kalau terbiasa dan mau belajar serta berusaha. Berikut ini adalah resepnya : 

Air pandan 1/2 gls (pandan betawi)
Telur 8 btr
Tepung terigu 4 ons
Gula 4 ons
Sp 1 sdm
Susu kental manis 1/2 gls
Santan kental 1/2 gls
Minyak goreng 1/2 gls

Langkah pertama masukkan telur, Sp dan gula kedalam wadah adonan, mixer sampai tekstur dan warna keputihan serta mengembang. Setelah itu masukkan air pandang yang sudah diperas pandannya , susu kental manis, santan kental,. Oh iya mohon maaf karena saya ingin tekstur hijaunya lebih pekat, maka saya menambahkan perisa essense pandan 2 sdm, aduk dengan mixer sampai rata. Pelan-pelan sambil masukkan tepung terigu sesuai takarannya. Tepung terigu yang dipakai adalah bogasari. Jika dirasa sudah campur merata dan larut bersamaan, matikan mixer selanjutnya masukkan minyak goreng yang sudah tersedia. Aduk merata, siapkan loyang untuk dikukus. Kukus kurang lebih 15-20 menit. Sajikan dengan butter cream yang di oles diatas kue bolu dan tambahkan keju atau hiasan lainnya agar terlihat menarik dan cantik dipandang. 

Kamu bisa memanfaatkan ppkm dengan berbagai macam aktivitas seperti masak , macak mungkin, kalau manak nunggu suami dulu ya wkwkwk. 

Enjoy your days , thankyou! 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline