Lihat ke Halaman Asli

Enny Ratnawati A.

TERVERIFIKASI

Menulis untuk meninggalkan jejak kebaikan dan menghilangkan keresahan

Konsistensi, Gampang Diucapkan Sulit Dilakukan

Diperbarui: 16 Januari 2024   03:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Konsisten jalani hidup sehat | freepik 

Mengapa banyak orang yang akhirnya menyerah pada konsistensi?

Suatu saat, saya berniat untuk mengikuti kembali lagi grup odoj (one day one juz). Ini kali kedua saya mengikuti grup ini. Ketika pertama kali ikut, seingat saya hanya bertahan 3 bulan saja lalu keluar dari grupnya.

Ringkasnya ketika mengikuti grup ini adalah seseorang dituntut untuk membaca al Quran sebanyak minimal satu juz dalam satu hari. Admin tidak membatasi dari juz berapa mulainya.Hanya diminta membaca minimal satu juz, kalau lebih tentu boleh banget dengan deadline di jam tertentu. Biasanya tiap hari, anggota diminta bergantian untuk memantau laporan anggota lainnya kemudian membuat list siapa yang sudah kholas (selesai) dan siapa yang belum selesai tugas.

Kemudian juga ada admin grup yang akan gercep  me-WA dan mengingatkan bila sudah batas waktu tapi belum juga ada laporannya. Kalau sampai 3 hari, kalau tidak salah, tidak ada laporan, admin berhak mengeluarkan anggota tersebut dari grup.

Intinya, grup ini benar-benar menuntut konsistensi dan komitmen semua anggota.Walau tentu saja hanya grup WA dan tidak kenal satu dan yang lainnya.

Bagaimana hasilnya? alhamdulillah saya bertahan hanya 9 bulan saja. Walaupun tidak pernah kena penalti atau bahkan dikeluarkan dari grup. Saya berinisiatif izin keluar grup karena merasa tidak sanggup lagi mengikuti ritmenya hehe. 

Tidak sanggup buat konsisten lagi tentunya.

Dan, fakta nyata dari grup odoj ternyata luar biasa. Seorang, teman saya mengaku dia sudah sekitar 7 tahun mengikuti grup ini dan bisa konsisten. Anggota grup yang lain juga bahkan ada yang lebih dari itu malah. Keren konsistensi mereka di grup ini.

Seorang teman lain bercerita bahwa sudah 8 tahun an dia konsisten untuk berolahraga lari di pagi hari. Kadang-kadang memang ikut event lari marathon tapi  kalaupun tak ikut event, ya lari aja tiap habis subuh di seputaran Banjir Kanal timur (BKT). Mungkin hanya sekitar 30 menit tapi rutin.

Teman ini juga kaget dan tak sadar dengan konsistensi yang telah dia lakukan. Sadar-sadar ketika menyadari, di lemarinya banyak banget kaos jersey lari dari berbagai event yang pernah diikutin hehe.

TIDAK SEMUA ORANG BISA KONSISTEN 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline