Lihat ke Halaman Asli

Pena Herawati

One Day, One Writing .

Legenda dan Fakta Menarik di Balik Sirkuit Mandalika Lombok

Diperbarui: 5 April 2023   15:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

IST Sebuah patung Ilustrasi putri Mandalika di Pantai Lombok. (sumber : goodnewsfromindonesia.id)

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu'alaikum sahabat  reader  .....

Sebelum kita membahas tentang sirkuit Mandalika Lombok, sangat menarik untuk diketahui tentang nama Mandalika itu sendiri.

Menurut cerita rakyat Lombok, Mandalika adalah nama seorang putri raja di  Kerajaan Negeri Eberu dari pasangan Raja Tonjang Beru dengan  Dewi Seranting. Putri Mandalika terkenal dengan paras yang sangat cantik jelita berhati mulia, penuh cinta kasih, bersuara merdu dan berbudi bahasa yang halus dan lembut. Oleh karena itu lah, para pangeran dari berbagai kerajaan seperti Kerajaan Johor, Lipur, Pane, Kuripan, Daha, dan kerajaan Beru ingin mempersuntingnya.

Putri Mandalika menjadi rebutan para pangeran tersebut. Sifat penyayang dan kehalusan budinya, putri Mandalika tidak ingin mengecewakan dan menyakiti hati para laki-laki yang mencintainya. Putri Mandalika berpikir keras dengan pertimbangan yang tidak mudah, akhirnya putri Mandalika memutuskan untuk tidak memilih satu pun dari para pangeran yang ingin mempersuntingnya tersebut.  Salah satu alasannya adalah jika putri Mandalika akan memilih salah satu dari mereka sebagai suaminya, maka tentu akan terjadi  peperangan terutama dari kerajaan yang kecewa dengan keputusan sang putri. 

Keputusan untuk tidak memilih seorang pun sebagai suaminya, tidak membuat putri berdiam diri. Putri Mandalika pergi dari rumah menuju ke pantai Sege. Putri naik ke atas bukit Seger . Dari atas bukit itulah putri menerjunkan  dirinya ke lautan dengan niat dan tujuan  supaya semua orang dapat mendapatkan dan menikmatinya. 

Ketika putri Mandalika menerjunkan dirinya ke laut, rakyat yang mengetahui hal tersebut, berusaha menemukan putri. Akan tetapi, yang ditemukan adalah cacing laut yang berwarna warni sesuai warna selendang dan pakaian putri Mandalika yang dikenakan saat ia melompat ke laut. Cacing laut yang indah itu diyakini sebagai jelmaan putri Mandalika dan cacing tersebut dinamakan dengan Nyale. 

Kisah Putri Mandalika terkenal dan menjadi salah satu sejarah yang masih dirayakan hingga saat ini. upacara perayaan tersebut dinamakan dengan perayaan upacara Bau Nyale yang diadakan setiap tahunnya. Perayaan Bau Nyale telah menarik perhatian wisatawan mancanegara. Sebelum perayaan Bau Nyale diselenggarakan, cuaca di Lombok cukup ekstrim seperti hujan lebat dan petir. Itulah sekilas cerita tentang nama Mandalika.

OK ! sekarang kita mengulas fakta menarik dari Sirkuit Mandalika Lombok.

Sirkuit Mandalika terletak di Kabupaten Lombok Tengah, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Nama resmi Sirkuit Mandalika adalah Pertamina Mandalika International Street Circuit yang  diresmikan oleh Bapak Joko Widodo, Presiden Indonesia pada tanggal 12 November 2021. Sirkuit Mandalika menjadi langsung ditunjuk sebagai tuan rumah ajang balap kelas dunia dan masuk dalam kalender Moto GP 2022.

sirkuit Mandalika Lombok (Sumber : Lens.google.com)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline