Lihat ke Halaman Asli

Erni Pakpahan

TERVERIFIKASI

Wanita dan Karyawan Swasta

Google Guys, dari Teman Jadi Partner Bisnis

Diperbarui: 26 Januari 2021   18:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

4s.com.br

Rasa-rasanya, tidak sedikit pendapat yang menyarankan supaya gak usah berbisnis dengan teman sendiri. Berbisnis dengan teman tampaknya cukup berisiko. Terutama bila berbicara tentang masa depan bisnis dalam jangka panjang.

Berbagai alasan dikemukakan, ada yang ketipu teman sendiri—tega sekali! Ada yang akhirnya berbeda pendapat, ada yang salah paham, ada yang ingin mengikuti maunya secara sepihak, dan ada pulak yang melanggar perjanjian yang mengakibatkan conflict of interest dan banyak cerita nyata lainnya.

Ujung-ujungnya, bisnis yang diharapkan akan maju jadi bubar jalan. Pertemanan pun gak seakrab dulu lagi. Tampaknya, tidak berbisnis dengan teman sendiri merupakan pilihan teraman. Jika tidak ingin mengorbankan dua hal sekaligus yaitu bisnis dan hubungan baik.

Namun, masih adakah kira-kira contoh bisnis yang dimulai dari pertemanan tapi akhirnya berhasil?

Ya. Google, bukti nyata.

Siapa tidak mengenal Google. Google merupakan mesin pencarian sejuta umat. Hingga saat ini pun, milliyaran orang di seluruh dunia masih menggunakan Google sebagai mesin pencarian informasi.

Ketik saja satu kata pada kolom pencarian Google, mereka akan menawarkan puluhan halaman yang bisa digunakan sebagai sumber informasi. Hampir semua informasi terdapat disana kita bisa temukan.

Menariknya, kisah sukses Google berawal dari hubungan pertemanan. Ialah Sergey Brin dan Larry Page mahasiswa Standford University yang memiliki bidang ketertarikan yang sama. Saat mereka menempuh program doktornya dalam bidang ilmu komputer, mereka sepakat membuat mesin pencarian yang mudah sekali digunakan oleh setiap orang tanpa berbayar tetapi menyediakan sumber informasi yang sangat lengkap.

Nyali mereka tidak ciut, sementara saat itu sudah ada beberapa mesin pencarian. Bahkan sudah go public, seperti Alta Vista, Excite, dan Yahoo. Mereka menciptakan mesin pencari dengan penambahan PageRank, berbeda dari mesin pencari lainnya.

Sergey Brin dan Larry Page, berbisnis bukan tanpa konflik

Hubungan pertemanan Sergey dan Larry, yang sering-sering disebut sebagai Google Guys di kampus mereka, bukan berarti tanpa konflik. Sebelum mereka bersahabat karena tak sengaja, mereka saling menganggap yang lain angkuh dan menyebalkan. Jadi tidak salah menganggap bila mereka sering silang pendapat, mengkritik dan saling berbantah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline