Lihat ke Halaman Asli

Engliven

Kursus Bahasa Inggris Online

Mencari Hubungan Kebahagiaan dan Passion dalam Film "Soul"

Diperbarui: 20 Maret 2021   20:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Joe sedang membayangkan memainkan piano di panggung terkenal (Sumber: wall.alphacoders.com)

Kata passion tampaknya telah begitu banyak digunakan dalam sehari-hari kehidupan kita. Faktanya, banyak orang pasti akan menggunakan kata ini untuk menyebut suatu keinginan tertentu yang ingin kita kejar dalam hidup kita. Kata orang, passion bisa membantu kita mendapatkan kebahagiaan dalam hidup karena kita melakukan sesuatu yang kita sangat suka dengan ketulusan.

Pasti itu karena kita perlu menemukan gairah tertentu dalam hidup kita yang mendorong kita untuk menjadi orang yang lebih baik. Keinginan besar semacam itulah yang membuat banyak orang terus memakai kata passion untuk menyebut keinginan besar yang ingin kita capai dalam hidup.

Dalam film Soul oleh yang dirilis oleh Pixar pada 25 Desember 2020 lalu, passion menjadi sebuah tema utama yang diangkat di film ini. Bisa ditonton di Disney+, film ini bisa dinikmati juga dalam subtitle yang memakai bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, sesuai preferensi anda. Nah, seperti apa passion sendiri dijelaskan dalam film ini?

Secara garis besarnya, film ini menceritakan seorang guru musik SMP yang bernama Joe Gardner yang bermimpi untuk bisa menjadi seorang anggota grup musik jazz terkenal di Kota New York. Sebagai seorang guru musik yang passionate dengan pekerjaannya, dia tidak henti-hentinya mengajar dengan penuh semangat.

Sumber: wallpapercave.com

Karena gairahnya dalam mengajar itu dan keinginannya untuk menjadi seorang musisi jazz terkenal, kita bisa melihat bahwa Joe adalah seseorang yang passionate (kata sifat passion dalam bahasa Inggris). Namun pada suatu hari, dia mengalami kecelakaan yang membuat jiwanya terpisah dari tubuhnya yang sedang koma.

Ketakutan karena sekarang jiwanya terpisah dan dia tidak bisa menjadi musisi jazz seperti yang dia mau, dia sekarang putus asa untuk mencari cara supaya bisa kembali ke Bumi dan mewujudkan impiannya itu.

Joe dan 22 (Sumber: wallpapercave.com)

Dalam petualangannya, Joe berteman dengan seorang arwah manusia yang belum lahir yang menamakan dirinya sebagai "22". 22 sendiri kesulitan menemukan "spark" (percikan, cetusan semangat) khusus untuk dirinya sendiri, yang bisa kita pahami sebagai tujuan hidup seseorang ketika dia hidup. Bisakah Joe dan 22 berhasil mencapai kebahagiaan masing-masing dengan lahir ke Bumi kembali atau menemukan tujuan hidup?

Kebahagiaan dan Passion

Arwah Joe yang sedang kebingungan mencari jalan pulang (Sumber: wallpapercave.com)

Tanpa mencoba membahas spoiler film ini, penulis ingin membahas seperti apa orang menemukan kebahagiaan melalui passion mereka dalam film ini. Nah, seperti bagaimana kebahagiaan sendiri ditemukan oleh para tokoh film ini?

Sebagai seorang musisi yang passionate, Joe percaya bahwa musik adalah kebahagiaan hidupnya yang paling penting. Mengikuti jejak ayahnya yang juga seorang musisi, dia ingin bisa menjadi seseorang yang sama hebatnya seperti ayahnya dan untuk bisa membuktikan pada ibunya bahwa dia bisa mendapatkan penghidupan yang stabil lewat bermusik.

Sumber: wallpapercave.com

Tokoh-tokoh lain dalam film ini juga mencoba mencari passion mereka sendiri. Dez, tukang potong rambut langganan Joe, bercerita pada Joe bahwa dia tidak sengaja menemukan passion dalam pekerjaan potong rambut, sesuatu yang membuat Joe kaget karena adanya passion semacam itu. 

Sejak sadar kalau dia suka dengan pekerjaan itu, Dez begitu menikmati pekerjaannya sebagai tukang potong rambut karena dia merasa bahagia. Dalam sesuatu yang tampaknya sepele, Joe tidak pernah tahu bahwa kebahagiaan bisa datang dari situ.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline