Lihat ke Halaman Asli

Kegunaan Sistem Informasi Akuntansi di dalam Perusahaan

Diperbarui: 25 November 2015   13:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Sistem Informasi Akuntansi di Perusahaan. (cr: darmansyah.weblog.esaunggul.ac.id)"][/caption]Untuk memajukan kinerja perusahaan, tentunya dibutuhkan sistem kerja yang andal. Sistem-sistem kerja itu mencakup Sistem Informasi Akuntansi perusahaan. Namun masih banyak bagian internal di dalam suatu perusahaan yang tidak mengerti tentang Sistem Informasi Akuntansi tersebut. Apa itu Sistem Informasi Akuntansi?

Menurut Mulyadi (2010:3), Sistem Informasi Akuntansi adalah organisasi formulir, catatan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan.

Sebelum sistem menyediakan informasi untuk perusahaan, pertama-tama perusahaan harus mengidentifikasikan pihak-pihak yang berkepentingan terhadap informasi akuntansi. Kemudian perusahaan harus mengetahui informasi apa yang dibutuhkan oleh mereka. Selanjutnya dirancang struktur organisasi dan sistem informasi akuntansi yang dapat memenuhi kebutuhan informasi pemakai tersebut. Rancangan ini dengan memperhatikan sistem pengendalian intern (internal control system) yang memadai. Sistem pengendalian intern ini penting artinya dengan tujuan:

  1. Menjamin terjaganya kekayaan perusahaan
  2. Menjaga keandalan informasi akuntansi
  3. Mendorong terciptanya efisiensi
  4. Memastikan ditaatinya prosedur di dalam perusahaan

Setelah Sistem Informasi Akuntansi dibuat, baru perusahaan mendapatkan fungsi dari SIA ini, karena keberadaan SIA sangat memberi kontribusi di dalam organisasi. Fungsi SIA diantaranya adalah:

  1. Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi
  2. Memproses data menjadi into informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan
  3. Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi

Contohnya adalah sebagai berikut; Departemen Penggajian memiliki laporan kehadiran para pekerja. Di dalam laporan tersebut ada kehadiran pekerja yang baik ataupun yang buruk. Efek dari laporan tersebut akan mendapatkan reward atau sanksi.

Dengan ini dapat disimpulkan bahwa SIA sangatlah penting bagi perusahaan dan organisasi. SIA memiliki banyak peran penting dalam perusahaan, seperti memperbaiki kualitas dan mengurangi biaya dalam menghasilkan barang dan jasa, memperbaiki pengambilan keputusan, dan menciptakan keunggulan kompetitif bagi perusahaan itu sendiri.

Sumber:

darmansyah.weblog.esaunggul.ac.id

Judul TA: Analisis Sistem Pengendalian Internal pada Sistem Penjualan Ekspor PT. X




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline