Lihat ke Halaman Asli

Eni Rulianti

Pengendali Ekosistem Hutan Muda

Temukan Manfaat Lemon Madu Hasil Produksi Kelompok Tani Hutan (KTH) Sari Bunga Giyanti, Magelang

Diperbarui: 9 September 2024   15:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Madu Multiflora Produksi Kelompok Tani Hutan (KTH) Sari Bunga Giyanti Magelang /Dok Pribadi

Selamat pagi semua! Semoga sehat dan bahagia selalu ya! Kali ini ada pengalaman yang sangat menarik dan insyaalloh bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran badan kita, yatu mengenai madu dan lemon!

Menurut Wikipedia, madu adalah subtansi makanan manis dan kental yang dibuat oleh lebah madu dan beberapa serangga lain. Lebah menghasilkan madu dari sekresi gula tumbuhan (nektar bunga) atau dari sekresi serangga lain (seperti honeydew atau madu serangga). Madu terbentuk melalui regurgitasi, aktivitas enzimatik, dan penguapan air. 

Lebah menyimpan madu dalam struktur lilin yang disebut sarang lebah. Variasi madu yang dihasilkan oleh lebah madu (genus Apis) adalah madu yang paling terkenal, karena diproduksi secara komersial dan paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Madu dikumpulkan dari koloni lebah liar, atau dari sarang lebah peliharaan peternakan lebah. 

Lebah membutuhkan nektar untuk menghasilkan madu, nektar diperoleh dari berbagai bunga tanaman baik tanaman semusim maupun tanaman keras. 

Mengutip dari berbagai sumber, manfaat madu sangat banyak antara lain :

1. Menguatkan imunitas tubuh, madu mengandung antioksidan yang tinggi sehingga bisa meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh sehingga badan kita tidak mudah sakit

2. Menambah stamina tubuh, madu mengandung glukosa baik untuk meningkatkan energi. minum satu sendok makan madu setiap hari bisa menambah stamina tubuh saat beraktivitas

3. Memperbaiki pencernaan, manfaat ini diperoleh sebab madu mengandung enzim dan prebiotik yang sangat dibutuhkan dalam saluran pencernaan. minum madu dengan rutin setiap hari juga bisa mencegah terjadinya sembelit.

4. Mencegah penyakit jantung, Berbagai penelitian mengatakan bahwa rutin mengonsumsi madu secukupnya bisa menurunkan tekanan darah, mengontrol detak jantung, dan mencegah kematian sel-sel tubuh yang sehat. 

5. Meningkatkan daya ingat, dilaman Halodokter menyebutkan bahwa kandungan polifenol di dalam madu diketahui dapat melawan peradangan di hipokampus, yaitu bagian otak yang menyimpan memori atau daya ingat. Oleh karena itu, manfaat minum madu setiap hari bisa meningkatkan daya ingat, mencegah gangguan ingatan, dan menjaga fungsi otak secara keseluruhan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline