Lihat ke Halaman Asli

Implementasi Pembelajaran Berbasis Teknologi

Diperbarui: 8 April 2016   14:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Dewasa ini teknologi sudah semakin jauh berkembang seiring perkebangan zaman, kebutuhan manusia akan teknologi yang telah di dukung dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang sangat pesat. Perkembangan teknologi ini berkembang secara dinamis dan terus bervormasi kea rah yang lebih baik.

Menurut Salisbury (1996) teknologi adalah “systematic application of scientific or other organized knowledge to practical task.” (Aplikasi sistematik sains atau pengetahuan lain dalam tugas praktikal) Dengan kata lain dapat dijelaskan bahwa bila kita mengembangkan suatu produk kedisiplinan, prosedur-prosedur, alat-alat dan teknik-teknik yang disatukan untuk membuat suatu inovasi disebut teknologi.

Di era globalisasi ini Indonesia merupakan salah satu bangsa yang hidup dalam lingkungan global, maka dari itu bangsa Indonesia harus terlibat dalam perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, khususnya untuk perkembangan pendidikan. Dengan adanya teknologi dalam bidang pendidikan, di harapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Paradigma lama berasumsi bahwa guru hanya mentransfer pengetahuan dan peserta didik hanya menerima pengetahuan, karena peserta didik  di ibaratkan segabagai botol kosong yang siap diisi dengan pengetahuan. Sekarang paradigama itu telah luntur seiring dengan adanya pembelajaran berbasis teknologi. Dengan adanya pembelajaran berbasis teknologi ini peserta didik bisa lebih mudah untuk mencari informasi, mencari bahan pelajaran atau menggunakannya sebagai sistem pembelajaran di sekolah.

Pembelajaran semakin berkembang dengan adanya e-learning dan semakin memudahkan proses pendidikan. Namun pembelajaran berbasis teknologi ini tidak berjalan mulus karena masih terdapat kendala saat proses pembelajaran.  Contohnya Ujian nasional berbasis komputer, peserta didik akan langsung mengerjakan dalam komputer yang telah terhubung dengan koneksi internet. Dengan adanya Ujian Nasional komputer ini diharapkan mengurangi terjadinya kecurangan dalam proses  pelaksanaan Ujian Nasional.

Teknologi pendidikan dirancang untuk membantu atau mengatasi permasalahan pendidikan pada saat pembelajaran, sehingga dengan adanya teknologi pendidikan ini diharapkan mampu memberikan manfaat dalam upaya peningkatkan kualitas pendidikan. Pembelajaran berbasis teknologi ini pembelajaran akan lebih efektif dan peserta didik akan lebih kreatif dalam menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran yang menyenangkan.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat membawa perubahan pada bidang pendidikan. Paradigma lama semakin berkurang, guru tidak lagi berperan sebagai penyampai pesan atau informasi namun saat ini peserta didik dapat memperoleh informasi dari berbagai media dan sumber belajar seperti dari radio pembelajaran, modul, televisi , dan media komputer atau lebih dikenal dengan pembelajaran berbasis komputer (e-learning). Melihat dengan negara lain pendidikan di Indonesia bisa di bilang cukup tertinggal. Peran pemerintah sangat diharapkan untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia. Pemerintah diharapkan dapat menyamaratakan perkembangan pembelajran berbasis teknologi disemua daerah, ksususnya di daerah-daerah yang terpencil dan tidak hanya fokus pada daerah atau kota-kota besar saja, agar pendidikan di Indonesia merata. Karena pada dasarnya pendidikan di Indonesia itu sangat lah penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Guru harus bisa memilih bahan atau alat yang bisa digunakan untuk membantu siswa dalam proses  pembelajaran. Media elektronik dapat juga membantu proses belajar menjadi lebih menarik dan mudah digunakan oleh para pendidik, seperti  infocul pada saat proses pembelajaran dan menggunakan powerpoin pada saat presentasi. Presentasi menggunakan  komputer merupakan pengembangan dari media transparansi yang disajikan melalui OHP. Karena perkembangan zaman yang semakin pesat maka OHP di gantikan dengan powerpoin dan dapat menampilkan unsur audio-visual dalam pembelajaran.

Saat ini telah muncul pengembangan pendidikan atau pelatihan dengan menggunakan teknologi sebagai media.  Materi yang di ajarkan  dalam bentuk webpage, ataupun program belajar interatif (CAI atau CBT). Materi kemudian ditempatkan di sebuah server yang tersambung ke Internet sehingga dapat diambil oleh peserta didik baik dengan memakai Web-Browser ataupun File Transport Protocol. Dengan munculnya pengembangan pendidikan ini di harapkan pendidikan di Indonesia semakin berkualitas. 

Dengan adanya pembelajaran berbasis teknologi ini di harapkan dapat memudahkan  untuk belajar dan mendapatkan informasi. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat membawa perubahan pada bidang pendidikan. Dalam dunia pendidikan perkembangan teknologi ini mulai  mempunyai dampak yang positif dan  memberikan manfaat dalam upaya peningkatkan kualitas pendidikan. Media elektronik dapat juga membantu proses belajar menjadi lebih menarik dan mudah digunakan oleh para pendidik, seperti  infocul pada saat proses pembelajaran dan menggunakan powerpoin pada saat presentasi

Di era globalisasi ini masalah pembelajaran berbasis teknologi masih belum merata. Untuk itu diharapkan pemerintah dapat menyamaratakan perkembangan pembelajran berbasis teknologi disemua daerah, khususnya di daerah-daerah yang terpencil dan tidak hanya fokus pada daerah atau kota-kota besar saja, agar pendidikan di Indonesia merata., Semua pihak harus ikut mencari cara  untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Oleh : Eni Nurhayati




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline