Lihat ke Halaman Asli

Eni Mafruroh

Mahasiswa Komunikasi UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Kelompok 192 KKN UIN SAIZU Purwokerto Desa Kutamendala Ajak Masyarakat Ubah Sampah Menjadi Emas

Diperbarui: 30 Juli 2024   23:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Seminar Edukasi

Kutamendala, 30 Juli 2024 – Seminar edukasi bertajuk "Nabung Emas dari Sampah" diselenggarakan oleh KKN UIN SAIZU PURWOKERTO Kelompok 192 yang diselenggarakan di Balai Desa Kutamendala, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Tegal. Acara ini dihadiri oleh masyarakat setempat dan menghadirkan pembicara penting seperti Ilman Maulana Ketua Bank Sampah Sejahtera dan Ali Mabrur CMO Pegadaian Bumiayu.

Seminar ini merupakan salah satu proker unggulan kelompok 192 yang  bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pengelolaan sampah dan dampaknya terhadap lingkungan. Dalam penyampaiannya, Ilman Maulana menjelaskan, “Harapan saya untuk masyarakat khususnya di Desa Kutamendala ini nantinya bisa memilah sampah tentunya. Itu hal yang paling utama dan tujuan dari bank sampah tersebut, dan nantinya pola pikir masyarakat  berubah menjadi pola pikir masyarakat yang hebat dan peduli lingkungan.”

Fajar Mulyana, salah satu perangkat desa, juga memberikan pandangannya mengenai acara tersebut. Ia berharap, “Semoga dari acara tadi, dari pihak desa juga bisa mengerti bahwa keadaan di masyarakat itu seperti apa. Sehingga untuk penanggulangannya tidak dari hulu ke hilir tapi hilir ke hulu, dari yang paling kecil baru dari ke yang besar” jelasnya.

Fathurrohman, Kepala TPA Sapoe Boemi menyampaikan harapannya agar pesan yang disampaikan dalam seminar ini dapat diterima oleh masyarakat dan menimbulkan action yang bisa diharapkan jadi perubahan dalam penanganan sampah yang lebih baik. Ia juga berharap adanya timbal balik dari pemerintah desa atau penyelenggara untuk memfasilitasi kebutuhan dalam penanganan sampah di tingkat rumah tangga.

Dengan semakin meningkatnya masalah sampah yang mengkhawatirkan lingkungan, seminar ini diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi masyarakat Desa Kutamendala untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan mengubah cara pandang mereka terhadap sampah.

Penulis : Eni Mafruroh




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline