Lihat ke Halaman Asli

Eneng LailaRahmawati11

Mahasiswa S1Program Studi PGSD Penjas

Gerakan Serentak Aktivitas Jasmani Siswa SD Negeri Cemerlang Kota Sukabumi Bersama Mahasiswa P2MB Universitas Pendidikan Indonesia

Diperbarui: 20 Juni 2024   08:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar diambil oleh Mahasiswa P2MB UPI

Pada Hari Kamis, 16 Mei 2024 Mahasiswa P2MB UPI melaksanakan kegiatan Aktivitas Jasmani bersama siswa SD Negeri Cemerlang Kelurahan Sukakarya Kota Sukabumi. Tujuan dari kegiatan aktivitas jasmani ini adalah untuk meningkatkan kebugaran dan minat siswa dalam berolahraga. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas 5 dan kelas 6 yang sedang melaksanakan pembelajaran olahraga. Para mahasiswa berperan aktif dalam membimbing dan mengajak siswa untuk terlibat dalam berbagai aktivitas fisik yang menyenangkan dan edukatif. 

Pada hari tersebut, suasana di SD Negeri Cemerlang tampak berbeda dari biasanya. Lapangan sekolah yang luas dipenuhi oleh anak-anak yang antusias mengikuti berbagai permainan dan latihan fisik yang dipandu oleh mahasiswa P2MB UPI. Para siswa, dengan semangat tinggi, berbaris rapi mengikuti instruksi, sementara para mahasiswa dengan sabar dan penuh semangat memberikan arahan dan motivasi. Berbagai aktivitas seperti permainan tradisional  sangkar burung, permainan jauh dekat yang dilakukan untuk menambah keceriaan dan semangat berolahraga. Aktivitas jasmani yang pertama dilakukan oleh siswa adalah permainan jauh dekat. Permainan tersebut dimainkan dengan cara siswa mendengarkan instruksi yang diberikan oleh mahasiswa. Adapun instruksinya seperti "Anak-anak jika saya menyuruh kalian untuk menjauh dari pohon, maka kalian semua harus menjauh dari pohon tersebut. Sebaliknya, jika saya menyuruh kalian untuk mendekati pohon, maka kalian harus mendekati pohon yang ada disekitar kalian.

Aktivitas jasmani yang kedua adalah sangkar burung. Permainan ini dilakukan oleh beberapa tim yang beranggotakan 3 orang, dua orang bertugas sebagai sangkar, dan satu orang bertugas sebagai burung. Dalam permainan ini ada beberapa instruksi, diantaranya pemburu, kebakaran, dan gempa bumi. Adapun contoh instruksinya seperti "Anak-anak jika saya mengatakan pemburu, maka yang bertugas sebagai burung harus lari mencari sangkar yang lain (sangkar yang kosong). Jika saya mengatakan kebakaran maka yang bertugas sebagai sangkar harus lari mencari burung lain (burung yang belum di tempati oleh sangkar). Jika saya mengatakan gempa bumi maka semua tim yang bertuga menjadi sangkar ataupun burung itu harus berpisah dan mencari tim yang lain (orang yang berbeda).

Tidak hanya sekadar berolahraga, kegiatan ini juga dirancang untuk mengedukasi siswa tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Melalui pendekatan yang interaktif dan menyenangkan, para mahasiswa berhasil membuat para siswa merasa olahraga adalah kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat. Senyum dan tawa riang dari para siswa menjadi tanda keberhasilan acara tersebut, menunjukkan bahwa tujuan untuk meningkatkan kebugaran dan minat siswa dalam berolahraga telah tercapai dengan baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline