Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Alternatif 77 UAD Gelar "Festival Anak Sholeh"

Diperbarui: 1 Februari 2022   18:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Program KKN menjadi salah satu kegiatan mahasiswa untuk memenuhi prasyarat dalam mencapai gelar sarjana. Adapun untuk memenuhi hal ini tentunya mahasiswa harus mampu berpikir kritis dan kreatif mengenai program yang akan dijalankannya nanti pada saat mulai penerjunan. 

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sendiri memiliki jenis program KKN yang berbeda dari universitas lainnya yakni adanya KKN alternatif yang mana merupakan KKN yang tidak hanya berfokus pada pengembangan daerah terpencil saja, melainkan juga ikut terjun dalam penangan dan pencegahan Covid-19 ini yakni dengan adanya satgas covid. 

Setiap kinerja yang unggul, akan menghasilkan program yang unggul juga. Maka dari itu, dalam keberhasilan KKN ini perlunya sebuah kerja sama tim. KKN Alternatif 77 Universitas Ahmad Dahlan khususnya Unit I.C.2 

Selain berhasil dalam satgas yang dilakukan, program kerja yang telah berhasil dilaksanakan adalah dengan membuat program “Festival Anak Sholeh” (Minggu,26/12), program ini dilaksanakan dengan mengikutsertakan warga, pemuda-pemudi dusun dan anak-anak TPA Padukuhan Balong Lor, Desa Potorono, Kecamatan Banguntapan.

Dokpri

Rangkaian program kerja yang dilaksanakan ini diawali dengan pembukaan sambutan yang dilakukan oleh kepala dukuh serta ketua pelaksana. Kemudian dilakukan pembacaan ayat suci Al-Qur'an sebagai ucapan syukur dan berterima kasih kepada Allah karena memberikan kelancaran dalam kegiatan ini. 

Menuju dalam kegiatan inti, untuk mengembangkan kreativitas dan daya ingat, di sini kami memberikan rangkaian kegiatan yakni lomba mewarnai dan lomba hafalan surat-surat yang mana dari hafalan ini diharapkan anak-anak dapat mempunyai pikiran yang jernih, kekuatan daya ingat yang tinggi, serta untuk mencerminkan seseorang yang memiliki ilmu. Kegiatan selanjutnya dilakukan dengan adanya lomba cerdas cermat dan adzan, kami memfasilitasi hal tersebut agar membuat anak-anak untuk percaya diri dalam mengembangkan pikiran dan bakat yang mereka miliki. 

Dokpri

Untuk mengapresiasi hal ini tentunya tidak lupa dengan memberikan hadiah bagi mereka yang mampu dalam melaksanakan lomba dengan baik. Apresiasi ini ditujukan untuk meningkatkan motivasi dalam diri anak. 

Dokpri

Hal terakhir sebagai akhiran acara yang unit kami lakukan adalah melakukan sesi foto bersama sebagai kenang-kenangan.

Akhir dari kegiatan ini diharapkan mampu menjadikan kegiatan rutin untuk padukuhan setempat sebagai penyemangat anak-anak di padukuhan untuk lebih rajin mengikuti dan mempelajari agama yang diadakan di setiap TPA Padukuhan Balong Lor. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline