Lihat ke Halaman Asli

Endro Satriyo Wicaksono

Mahasiswa IAIN Kendari

Hubungan Bauran Pemasaran dengan Strategi Pemasaran Perusahaan

Diperbarui: 24 Maret 2024   01:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Bauran pemasaran (marketing mix) adalah serangkaian tindakan yang diambil oleh perusahaan untuk membangun dan memasarkan produk atau jasanya kepada pelanggan. Bauran pemasaran terdiri dari empat variabel yang dikenal sebagai 4P pemasaran, yaitu product (produk), price (harga), place (tempat), dan promotion (promosi). Sedangkan strategi pemasaran perusahaan, di sisi lain, adalah rencana yang digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan. Strategi pemasaran mencakup berbagai aspek, termasuk bauran pemasaran, promosi, dan alokasi anggaran pemasaran . Dalam strategi pemasaran, bauran pemasaran digunakan sebagai salah satu alat untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan dengan mengacu 4P yakni:

1.Strategi Pemasaran Yang Mengacu Pada Produk (product)

Strategi pemasaran yang mengacu pada produk akan meningkatkan kualitas dengan memperhatikan faktor pasar yakni kemauan konsumen (wants) serta kebutuhan konsumen (needs)  untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan permintaan pasar.

2.Strategi Pemasaran Yang Mengacu Pada Harga (price)

Strategi pemasaran yang mengacu pada harga akan selalu mempertimbangkan permintaan pasar (demands) sesuai dengan Hukum permintaan yang berbunyi jika harga barang naik, maka jumlah barang yang diminta akan turun. Sebaliknya, jika harga barang turun, maka jumlah barang yang diminta akan meningkat. sedangkan hukum penawaran berbunyi jika harga barang naik, maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik. Sebaliknya jika harga barang turun maka jumlah barang yang ditawarkan akan berkurang.

3.Strategi Pemasaran Yang Mengacu Pada Tempat (place)

Strategi pemasaran yang mengacu pada tempat selalu mempertimbangkan peluang tempat yang banyak dilewati serta dapat menarik perhatian konsumen. Dengan membuka perusahaan ditempat yang ramai maka aka ada peluang yang besar untuk melakukan promosi langsung ke konsumen. Sedangkan, dengan membuka perusahaan ditempat yang dapat menarik perhatian konsumen maka konsumen sendirilah yang akan mengunjungi tempat tersebut.

4.Strategi Pemasaran Yang Mengacu Pada Promosi (promotion)

Strategi pemasaran yang mengacu pada promosi akan selalu mempertimbangkan dan menganalisa peluang-peluang media promosi yang terbaik. Dengan berkembangnya zaman dan majunya era-digitalisasi maka media sosial adalah jawaban yang tepat sebagai jawaban dari akar permasalahan promosi yang stagnan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline