Lihat ke Halaman Asli

Dampak Kuliah dengan sistem online

Diperbarui: 26 Oktober 2020   19:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. istockphoto

Saya disini ingin menuliskan awal mula saya kuliah di STIAMAK Barunawati dengan mengambil jurusan Administrasi Bisnis. Awal mula saya masuk di STIAMAK ini, bermula dengan adanya pengumuman di tempat saya bekerja yang mengadakan program beasiswa bagi karyawannya yang ingin melanjutkan kuliah S1. Dengan senang hati sayapun mendaftarkan diri mengikuti program tersebut. Walaupun waktu pendaftarannya begitu singkat karena hanya diberi waktu 2 hari untuk mengumpulkan syarat-syarat pendaftarannya. Sehingga saya harus mengumpulkan berkas-berkas yang diperlukan tepat waktu. Setelah semua syarat terpenuhi,sayapun langsung melakukan pendaftaran melalui email. dengan sabar sayapun menunggu hasil pengumuman seleksi penerima beasiswa tersebut. Akhirnya hal yang ditunggupun tiba dan saya sangat senang sekali mendengar berita kalau nama saya tercantum kedalam daftar penerima beasiswa melanjutkan study S1 di STIAMAK Barunawati.

Mengawali kuliah di STIAMAK ini membuat hal baru buat saya karena dengan adanya pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini, pembelajaran perkuliahanpun diwajibkan dengan sistem online. Hal ini berbeda dengan perkuliahan sebelum adanya covid-19 ini, dimana para mahasiswa melakukan ospek (pengenalan) mengenai kampus tempat mahasiswa tersebut belajar. Dengan adanya sistem tersebut kita harus terbiasa dengan pertemuan menggunakan zoom meeting yang mana kita harus tetap online selama mengikuti perkuliahan. Untuk itu kita dapat melihat dampak dari adanya sistem online tersebut ada segi kekurangan dan kelebihannya.

 Adapun kelebihan dari adanya sistem online ini yaitu:

1. Kita menjalankan anjuran pemerintah yaitu dengan cara menghindari berkumpul dan sering bertatap muka langsung, sehingga membantu mengurangi penyebaran Covid-19 ini.

2. Dengan sistem online ini,kita dapat melakukan perkuliahan dimana saja sesuai dengan tempat yang kita anggap nyaman dilakukan perkuliahan.

3. Kita dapat melakukan perkuliahan meski dalam kondisi melakukan pekerjaan rutin lainnya.

Sedangkan kekurangan perkuliahan dengan sistem online ini yaitu :

1. Harus menggunakan kuota internet yang lebih,sehingga biaya untuk perkulihan menjadi lebih besar dari yang diperkirakan.

2. Konsumsi baterai laptop dan Hand Phone tinggi menyebabkan barang tersebut cepat rusak atau baterainya droop.

3. Terpengaruh dengan jaringan internet sehingga apabila sinya internet kurang bagus menyebabkan penerimaan dari narasumber kurang bagus dan jelas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline