Lihat ke Halaman Asli

Endina HannaPutri

UISI Management Student

Mahasiswa KKN UISI Wujudkan Pengembangan UMKM Go Digital

Diperbarui: 1 Januari 2022   23:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

UMKM Go Digital

Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa sudah seharusnya untuk ikut serta dalam meningkatkan kualitas Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dilingkungannya, antara lain dengan memberikan beberapa perubahan yang dapat membantu mengatasi permasalahan yang dimiliki UMKM dilingkungan sekitar.Hal tersebut dapat dilaksanakan melalui pengabdian mahasiswa  dengan mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang diterima dibangku kuliah kepada pelaku UMKM. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) UISI.

Memangnya apa sih KKN?

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah suatu bentuk pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat dan merupakan salah satu bagian Tri Dharma Perguruan Tinggi. Saat ini, UISI sedang melaksanakan kegiatan KKN Daring Tematik 2021 dan salah satu desa yang menjadi lokasi KKN kami adalah Desa Segunung. Segunung adalah desa yang terletak di Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Di Desa Segunung memiliki UMKM yang sangat berpotensi untuk dikembangkan di bidang Agrobisnis yang menjual berbagai tanaman hias, bibit buah dan aneka macam pot.

Melaksanakan KKN di UMKM? Memangnya bisa? Tentu bisa dong di UISI! 

Pelaksanaan KKN Tematik daring yang dilakukan mahasiswa Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) di UMKM Wahana Buah dan Bunga. Disini mahasiswa harus dapat menerapkan kemampuan hardskill dan softskill untuk mengabdi kepada pelaku UMKM dalam bidang ekonomi. Kemampuan mahasiswa dalam memahami operasional bisnis secara digital dapat menjadi media untuk dapat mengembangkan potensi karyawan sebagai upaya untuk dapat menyalurkan pengetahuan tentang Brand Awareness, promosi & penjualan online yang dapat dioptimalkan, serta memiliki e-commerce atau e-marketplace untuk mendukung kemudahan masyarakat dalam mengakses UMKM,sehingga dapat mendukung  untuk berkembang lebih cepat.

Pemilik UMKM dapat mengaplikasikan ilmu hasil kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN UISI dan dapat memaksimalkan peluang bisnisnya sesuai dengan kondisi yang sedang terjadi saat ini yakni Pandemi Covid-19. Dalam pelaksanaan program ini, akan membantu UMKM Wahana Buah Bunga untuk dapat memperluas pasar secara digital, sehingga dapat mengenalkan, mempromosikan dan menjual produk Wahana Buah dan Bunga kepada masyarakat luas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline