Lihat ke Halaman Asli

Back to School: 6 Tips Anak Kembali ke Sekolah Tanpa Drama

Diperbarui: 8 Januari 2023   18:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kakak Ocean dan Adik Sky kembali ke Sekolah | Foto: Endang Sriwahyuli Simanjuntak

Libur telah usai, waktunya kembali ke sekolah. Selain menyisakan keseruan liburan, bagi sebagian keluarga juga menyisakan cerita tentang betapa beratnya move on dari liburan yang menyenangkan. Tidur larut, bangun agak siang, sarapan yang tidak terburu-buru, tidak ada tugas sekolah, bermalas-malasan menonton TV dan segudang kenyamanan masa liburan. Secara tiba-tiba semua kesenangan itu harus berakhir dan kembali pada rutinitas bersekolah. Apakah Papa dan Mama ada yang kesulitan untuk membangkitkan semangat bersekolah bagi anak-anak di rumah? Yuk kita simak bersama 6 tips sederhana di bawah ini. 


1. Papa dan Mama dapat memulai dengan menceritakan kepada anak betapa serunya bertemu teman-teman dan guru, paling tidak sehari sebelum kembali ke sekolah.

2. Melibatkan anak dalam persiapan sekolahnya setelah liburan. Misalnya, menyiapkan pakaian sekolah, kotak bekal, botol minuman dan kebutuhan sekolah lainnya.

3. Menyiapkan sarapan dan bekal yang cukup, jika memungkinkan bekal anak adalah apa yang disukai anak dan menyesuaikan dengan apa yang dimiliki di rumah.

4. Memberi waktu tidur yang cukup di malam hari. Misalnya, dengan tidak membawa anak mengikuti kegiatan orang tua yang bisa menyebabkan tidur larut.

5. Melakukan sounding kepada anak betapa hari itu akan penuh dengan keseruan di sekolah. Bisa dilakukan sepanjang perjalanan menuju ke sekolah dengan obrolan-obrolan yang membangkitkan kegembiraan.

6. Dan jangan lupa Papa Mama menanyakan keseruan apa yang didapat di sekolah hari ini setelah bertemu anak di rumah. Tentu saja harus didengarkan dengan sepenuh hati ya Papa dan Mama, jangan mendengarkan sambil sibuk scrolling IG atau WA 😊

Selamat (menyiapkan) anak-anak kembali ke sekolah Papa dan Mama. Semangat 💪




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline