Lihat ke Halaman Asli

Bercerita dengan Mikrofon sebagai Cara untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa pada Anak TK

Diperbarui: 17 Januari 2023   22:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Faktor yang mempengaruhi peningkatan kemampuan berbahasa anak di sekolah adalah: Pembelajaran dengan bercerita. Dengan bercerita imajinasi anak menjadi berkembang, maka anak semakin berkembang dalam hal kemampuan menerima dan mengunkapkan pikirannya.

Sebagai guru diharapkan mampu menjalankan tugas-tugas dengan baik, mampu berperan aktif dalam menciptakan suasana pembelajaran yan menyenangkan dan tidak menakutkan.

Setiap anak didik memiliki karakter dan sifat yang berbeda, maka permasalahan yang timbul akan berbeda-beda. Terutama dalam sikap dan kebiasaan serta kondisi fisik, sosial dan budaya di lingkungan sekitarnya. Cara yang efektif supaya anak dengan senang hati mengungkapkan apa yang dia rasakan dan pikirkan. Melalui bercerita anak menyerap dan menyampiakan pesan-pesan yang syarat dengan informasi atau nilai-nilai itu dihayati oleh anak dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk membangkitkan kemampuan berbahasa anak maka kita harus memahami dan menerapkan teknik-teknik pengembangan kreatif agar dapat membantu anak untuk mewujudkan bakat berbahasa yang alamiah kita perlu mengamati perilaku yang nampak pada anak.

Masalah berbahasa adalah masalah yang paling penting bagi usia Taman Kanak-kanak, sebab usia ini mulai awal tumbuh kembangnya dan pembentukan perilaku dasar yang memerlukan persiapan yang mantap, sehingga anak-anak dapat  tertarik pada cerita atau dongeng

Pada dasarnya di sekolah guru berupaya untuk memberikan rangsangan-rangsangan kepada anak menciptakan rasa aman dan kebebasan yang konstruktif. Mengembangkan situasi ini diharapkan kreatifitas anak dapat tumbuh dan berkembang.

Berdasarkan pendapat di atas maka penulis dapat menyimpulkan bahwa dengan bercerita dengan mikrofon, yaitu bercerita dengan alat bantu mikrofon lengkap dengan soundnya maka  akan berpengaruh terhadap kemampuan berbahasa anak Taman Kanak-kanak.

Pengembangan bahasa diarahkan agar anak mampu menggunakan dan mengekspresikan pemikirannya dengan menggunakan kata-kata. Dengan kata lain pengembangan bahasa lebih diarahkan agar anak dapat :

1.   Mengolah kata secara komprehensif

2.  Mengekspresikan kata-kata tersebut dalam bahasa tubuh (ucapan dan perbuatan) yang dapat dipahai oleh orang lain

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline