Lihat ke Halaman Asli

Endang Rubiani

Disini saya berstatus sebagai mahasiswa yang masih memulai untuk ke jenjang karir yang lebih baik

Gebyar Muharram dan Festival Anak Sholeh Desa Aras Kabupaten Batu Bara oleh KKN Kelompok 129 UINSU

Diperbarui: 21 Agustus 2023   21:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Dalam perayaan peringatan 1 Muharram 1445, Kelompok KKN 129 mengadakan kegiatan bersifat religius dengan tujuan memperingati Tahun Baru Islam atau Hijriyah. 

Selain acara perayaan juga diiringi Festival anak Soleh yang bertujuan untuk membangun karakter dan kebaikan pada generasi muda yang ada di Desa. Festival ini melibatkan berbagai kegiatan seperti pengetahuan mengenai pendidikan agama,  keterampilan, dan perlombaan yang mendukung pengembangan diri pada anak usia dini. 

Selain itu, ada juga lomba untuk pengembangan pengetahuan ibu ibu di Desa Aras yaitu lomba fahmil Qur'an seputar pengetahuan agama islam. Festival ini bertujuan untuk menginspirasi anak-anak dan juga ibu-ibu menjadi pribadi yang bermanfaat bagi masyarakat dan lebih mendekatkan mereka pada nilai-nilai Islam.

Dokpri

Kegiatan festival anak soleh diadakan pada tanggal 4-5 agustus, yaitu di hari Jumat dan Sabtu.Pada hari sabtu, 4 Agustus 2023 diadakan lomba adzan yang diadakan di Balai desa, Desa Aras Kecamatan Air putih, dan lomba surah pendek anak anak cabang putra dan putri yang diadakan di Masjid Al-Muthlaq Desa Aras. Kemudian pada tanggal 5 Agustus 2023 dilanjutkan dengan lomba Fahmil Qur'an cabang Ibu-Ibu dan Remaja pada pukul 14.00 sampai pukul 16.00 , kemudian dilanjut dengan lomba Fashion Show cabang anak anak pada pukul 16.00 sampai 17.30, keduanya diadakan di Masjid Al-Muthlaq Desa Aras. Kemudian pada malam hari nya yaitu acara puncak peringatan 1 muharram 1445 sekaligus penyerahan hadiah kepada peserta yang menjadi pemenang di festival anak soleh, dan dalam acara tersebut dihadiri oleh aparat desa, yaitu Bapak Kepala Desa atau yang mewakilinya, Bapak Kepala Dusun 5 Desa Aras, Tokoh Masyarakat Desa Aras,  BKM masjid Al-Muthlaq, Ketua Karang Taruna Desa Aras, Mahasiswa/i UISU yang juga KKN di Desa Aras, Remaja Masjid Desa Aras, para Masyarakat Desa dan Ustadz yang sengaja kami undang yaitu Ustadz Cahyadi Nugraha dari BatuBara.

Dalam peraayaan peringatan 1 Muharram 1445 Ketua BKM Masjid Al-Muthlaq menyampaikan " Selamat mengabdi di Desa Aras, dan berterima kasih karena telah membantu masyarakat mendidik anak2 dalam contoh membuat pengajian, Les sore untuk anak anak, juga membantu mengerjakan tugas sekolah adik adik di Desa, pengajian ibu ibu, dan tahsin ibu ibu. Kemudian datang ke desa ini membuat acara berbasis keagamaan, yaitu lomba dalam rangka peringatan muharram, dengan adanya acara ini menjadi sebuah wujud komitmen dalam membina generasi muda yang tangguh, berakhlak mulia, dan mendalami ajaran agama dengan sepenuh hati, dan kegiatan ini juga memberikan ruang bagi anak-anak kita untuk tampil dan berbagi kebahagiaan bersama. Semua ini bertujuan untuk menjalin kedekatan antara anak-anak, orang tua, dan lingkungan masjid dalam semangat keberagamaan."

Dokpri

Kemudian, kata sambutan dari BagasKara Utama Putra, Selaku ketua KKN 129 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara di Desa Aras mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat dan seluruh panitia yaitu anggota KKN 129 yang berpartisipasi besar dalam melancarkan acara tersebut. Beliau juga menyampaikan akan membina adik-adik yang memiliki kemampuan agar mengembangkan bakatnya dibidang keagaaman, sebagaimana Slogan KKN 129 yaitu; "Berkarakter Qur'ani, Menginspirasi dalam Kegiatan Islami" .

Selanjutnya yaitu Ceramah yang dibawakan oleh Ustadz Cahyadi Nugraha, lalu masuk acara hiburan yaitu, Nasyid yang dibawakan oleh anggota KKN 129 yang disambut antusias oleh masyarakat dan juga pak ustadz beliau sangat terkagum dengan penampilan nasyid yang dibawakan karena di sela sela kesibukan progja anggota KKN 129 bisa mempersiapkan acara hiburan berbasis keislaman yang luar biasa, Lalu dilanjut dengan Do'a yang dibawakan oleh Mhd. Hazrat Khairi Wakil Ketua KKN 129, dan ditutup dengan acara Pembagian Hadiah kepada Pemenang lomba Festival anak soleh yang dibacakan oleh Wakil ketua KKN 129 pula.

Sumber: Kelompok KKN 129 Desa Aras, Kecamatan Air Putih Kabupaten BatuBara.

Penulis : Agita (Anak KKN kelompok 129)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline