Lihat ke Halaman Asli

Magang MBKM Kampus Zakat Batch 3 Tahun 2022: Pengalaman Magang Sebagai Amil di Rumah Zakat Indonesia

Diperbarui: 30 Desember 2022   17:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kegiatan magang atau PPL di kampus umumnya dilaksanakan dalam jangka waktu 1-3 bulan. Namun tahukan kalian? Bahwa saat ini mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman magang lebih dari 3 bulan tanpa harus menyita waktu libur kuliah. 

Dengan mengikuti program kampus merdeka mahasiswa dapat merasakan pengalaman magang di perusahaan hingga 6 bulan. Selain mendapatkan pengalaman, mahasiswa juga akan mendapatkan nilai mata kuliah selayaknya mengikuti pembelajaran dikelas, karena nilai mata kuliahnya akan dikonversi dengan nilai magang.

Program MBKM Magang kampus Zakat, merupakan bagian dari program Kampus Merdeka, namun dikhususkan bagi mahasiswa yang ingin mengenal lebih dalam mengenai dunia Zakat. 

Pada program MBKM Kampus Zakat ini Forum Zakat (FOZ) dan Asosiasi Program Studi Ekonomi Islam Indonesia (APSEII) memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk magang di OPZ (Organisasi Pengelola Zakat) sebagai Amil Zakat. Sebanyak 60 Organisasi Pengelola Zakat dan 27 Perguruan Tinggi tergabung dalam program ini. Program ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperbaiki efektivitas rekruitmen amil zakat di organisasi pengelola zakat.

Dalam pelaksanaan Magang Kampus Zakat mahasiswa akan mendapatkan: 1) Menghadapi permasalahan di lembaga secara nyata yang berdampak pada kinerja lembaga. 2) Full time mendapat bimbingan dari mentor dan staff profesional. 3) Mendapatkan pembelajaran terjadwal bersama expert di amil academy setiap minggunya. 4) Mendapat Uang saku. 5) Mendapatkan nilai dan sertifikat.

Pada kesempatan ini, penulis ingin membagikan pengalaman melaksanakan program magang MBKM Kampus Zakat di Rumah Zakat Indonesia, selama periode waktu 4 bulan. Tentunya kesempatan melaksanakan magang di Rumah Zakat Indoensia ini merupakan pengalaman yang berharga dan cukup berkesan bagi penulis.

Alasan penulis mengikuti program magang Kampus Zakat ini, dikarenakan program magang ini selaras dengan bidang studi yang penulis pelajari di perkuliahan yaitu Ekonomi Islam, penulis merupakan seorang mahasiswi di prodi Ilmu Ekonomi dan Keuangan Islam, Fakultas Pendidikan Eknonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Penulis memilih melaksanakan magang di Rumah Zakat Indonesia. Rumah Zakat Indonesia adalah lembaga filantrofi islam yang cukup besar di Indonesia, yang melakukan pengelolaan dana ZISWAF secara profesional dan memiliki kantor cabang yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia.  Tentunya penulis dapat melaksanakan magang di Rumah Zakat Indonesia ini dengan melewati beberapa tahapan seleksi  yaitu 1. Melakukan pendaftaran melalui website kampus Zakat https://kampuszakat.com/  2. Seleksi berkas dan verifikasi Universitas 3. Seleksi Wawancara 4. Pelaksanaan magang. Penulis berharap dengan melaksanakan magang di Rumah Zakat Indonesia ini, penulis dapat belajar banyak hal dan mendapatkan pengalaman berharga menjadi amil yang profesional.

Penulis ditempatkan di Kantor Pusat kota Bandung, di divisi General Affair and Asset Management atau biasa disebut divisi umum yang memegang peranan penting terhadap penunjang kelancaran operasional kantor atau lembaga.

Secara general, divisi ini bertugas mewakili perusahaan untuk menjalin hubungan baik dengan pihak eksternal, memenuhi kebutuhan operasional di internal perusahaan, mendata dan memelihara seluruh aset perusahaan, dan mengurus dokumen untuk kepentingan perusahaan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline