Lihat ke Halaman Asli

ENDAH MARDEWANTI

Alat Musik Tradisional

Gaya Belajar

Diperbarui: 5 Februari 2022   04:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

TIGA TIPE GAYA BELAJAR 

Penting bagi guru untuk mengetahui gaya belajar atau modalitas yang dimiliki siswa dalam menerima informasi yang diberikannya. Setiap siswa memiliki perbedaan dalam menerima informasi yang disampaikan oleh guru, ada yang cepat dan lambat. Guru dituntut untuk dapat mengetahui bagaimana cara siswa dalam menangkap informasi yang diberikan olehnya. Menurut Handayani (2013) efektif atau tidak cara belajar siswa bergantung pada kecenderungan gaya belajar masing-masing siswa. Gaya belajar adalah cara yang konsisten yang dilakukan oleh seorang murid dalam menangkap stimulus atau informasi, cara mengingat, berpikir, dan memecahkan soal (Nasution, 2008). Menurut DePorter & Hernacki terdapat tiga gaya belajar seseorang yaitu:

A. Visual 

Gaya belajar ini menitikberatkan pada penglihatan, siswa dengan gaya belajar ini memiliki ciri sebagai berikut:

  • Teratur, berpenampilan rapi
  • Mengingat dengan gambar
  • Lebih suka membaca dari pada dibacakan
  • Menangkap dengan detail dan mengingat apa yang dilihat 

B. Auditorial 

Gaya belajar ini menitikberatkan pada pendengaran, siswa dengan gaya belajar ini mampu mengakses semua jenis bunyi dan kata baik yang diciptakan maupun diingat. Siswa yang memiliki gaya belajar auditorial dapat dicirikan sebagai berikut:

  • Belajar dengan cara menggerakkan bibir atau bersuara saat membaca
  • Mudah terganggu dengan kebisingan
  • Berbicara dengan pola berirama
  • Berdialog secara internal dan eksternal  

C. Kinestetis

Gaya belajar ini menitiberatkan pada gerak, untuk dapat mengingat suatu informasi tertentu biasanya dengan cara menyentuh atau memegang. Ciri siswa yang memiliki gaya belajar kinestetis adalah sebagai berikut:

  • Belajar dengan cara melakukan
  • Banyak bergerak
  • Mengingat sambal berjalan dan melihat
  • Menanggapi secara fisik

SUMBER

DePorter, B., Reardon, M. & SingerNourie, S. 1999. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Terjemahan oleh Ari Nilandri. 2000. Bandung: Kaifa

Handayani, A., Setyawan, T. I., & Karsih, K. (2013). Profil gaya belajar siswa SMP al Ma’mur Jakarta Pusat. 2(http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/issue/view/321). https://doi.org/10.21009/INSIGHT.022.03

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline