Lihat ke Halaman Asli

Endah Kurnia Wirawati

Digital Nomad Life

Berbuka dengan Es Gempol Pleret

Diperbarui: 14 April 2023   07:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Es Gempol Pleret (pic. Kompas/Shutterstock/Ariyani Tedjo)

Berbuka dengan yang manis? Biasanya saya cukup berbuka dengan segelas teh manis hangat dan ditemani dengan beberapa potong camilan kue ataupun gorengan. Namun kali ini, saya akan berbuka dengan sebuah minuman khas Jawa Tengah bernama Es Gempol Pleret. 

Beberapa daerah mengklaim Es Gempol Pleret sebagai minuman khasnya, antara lain Semarang, Solo, dan Jepara. Namun sejujurnya, saya justru pertama kali melihat minuman ini saat mudik ke kota Pati beberapa tahun silam. Bapak saya pun sempat menyebutkan bahwa Es Gempol Pleret ini minuman khas Pati. Yah, dari mana pun asalnya, pokoknya yang jelas minuman ini khas provinsi Jawa Tengah ya. 

Ciri khas dari minuman Gempol Pleret ini adalah gempol atau adonan berwarna-warni yang terbuat dari tepung beras dan atau tepung tapioka dan tepung sagu. Adonan gempol ini lalu dikukus atau direbus sampai matang. Setelah itu gempol akan ditambah dengan gula atau sirup dan juga santan. Rasa kuahnya yang gurih dan berpadu dengan rasa manis terasa semakin segar untuk berbuka puasa jika ditambahkan dengan es batu.


Jadi, sudahkah kalian mencoba Es Gempol Pleret ini? (EKW)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline