Lihat ke Halaman Asli

Endah Mulyani

IPB University

Tim KKNT IPB 2023 Gelar Pertemuan bersama Karang Taruna Mengenai Digitilasasi Desa Wisata Ngadirojo

Diperbarui: 17 Agustus 2023   19:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: live action photos

Melalui survey lokasi desa, ternyata banyak titik lokasi yang berpotensi untuk dijadikan maupun dikembangkan menjadi desa wisata. Oleh karena itu, Mahasiswa KKNT IPB Desa Ngadirojo, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo tertarik untuk ikut serta dalam mengembangkannya.

Mahasiswa KKNT IPB Desa Ngadirojo bekerja sama dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) melakukan observasi terkait digitalisasi desa wisata. Hal tersebut dilakukan agar potensi desa wisata yang ada di Desa Ngadirojo dapat dikenal dan menjadi objek menarik bagi khalayak umum.

"Sebenarnya Desa Ngadirojo memiliki banyak titik lokasi yang berpotensi untuk dijadikan objek wisata. Banyak wisatawan yang datang dari berbagai daerah hanya sekedar memancing dan menikmati keindahan di Waduk Bendo. Tapi ya gitu, karena sumber daya manusianya yang kurang jadi tidak ada yang mengelola." Terang ketua Pokdarwis

Hal yang telah disampaikan oleh Ketua Pokdarwis itu menjadi perhatian lebih bagi mahasiswa KKNT. Setelah dilakukan observasi isu, mahasiswa KKNT mengambil tindakan untuk berdiskusi lanjut dengan karang taruna Desa Ngadirojo.

Melalui kerja sama dan komunikasi yang baik, mahasiswa KKNT bersama karang taruna menelusuri titik-titik lokasi wisata dengan memotret spot-spot terbaik salah satunya adalah pemandangan desa wisata Ngadirojo. Hasil jepretan itu yang nantinya akan menjadi bahan untuk di upload di sosial media Desa Ngadirojo dan ditambahkan keterangan dari objek fotonya sehingga masyarakat dengan mudah mengetahui deskripsi dari postingan yang disampaikan.

Wisata yang dapat dikembangkan melalui digitalisasi desa wisata antara lain:
1. Gunung Bedes

sumber: live action photos


2. Danau Nglebak

sumber: live action photos

3. Waduk Bendo

sumber: live action photos

4. Air Terjun

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline