Lihat ke Halaman Asli

Endah Mulyani

IPB University

Rintik Aksi Nyata: Tim KKNT-IPB Taburkan 10.000 Benih Ikan, Menghidupkan Kembali Keberlanjutan Desa

Diperbarui: 17 Agustus 2023   16:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ponorogo, 25 Juli 2023 - Tim Kuliah Kerja Nyata Tematik Inovasi (KKNT-I) Institut Pertanian Bogor (IPB) beserta tim Mahasiswa Membangun Desa (MMD) kelompok 441 Universitas Brawijaya (UB) menggelar kegiatan "FESTANIKA", Festival Penanaman Bibit Tanaman dan Tebar Benih Ikan. Festanika ini diselenggarakan bersamaan dengan kegiatan rutin bulanan Ibu PKK Desa Ngadirojo yaitu Pasar Krempyeng. Pasar ini menjual beraneka makanan siap saji juga sayuran hasil dari masyarakat Desa Ngadirojo itu sendiri. Acara kolaboratif ini bertujuan untuk mendukung wisata Desa Ngadirojo khususnya wisata Waduk Bendo serta mendorong kesadaran lingkungan masyarakat desa.Acara dimulai dengan semangat ceria saat puluhan ibu - ibu Kader dan PKK dari setiap dusun pada desa Ngadirojo bergabung dalam "Senam Bersama". Euforia semakin tinggi dengan diadakannya "Lomba Gembira" yang diikuti oleh peserta dari berbagai kalangan dan usia. Lomba yang diselenggarakan mencakup berbagai permainan dan kreativitas yang bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antar warga, seperti sarung balon dan estafet air. Tak hanya itu, selama acara berlangsung peserta dan panitia dapat turut meningkatkan ekonomi desa dengan membeli makanan, minuman, ataupun bahan pangan pada pasar krempyeng yang lokasinya tepat disebelah kegiatan festival.Puncak acara adalah "Tabur 10.000 Benih Ikan" di Waduk Bendo yang berlokasi di Desa Ngadirojo. Menariknya, tabur benih ikan ini dilakukan dengan cara menaiki getek (perahu tradisional) menuju tengah waduk untuk melepas benih-benih ikan. Sementara itu, di daratan sekitar waduk, dilangsungkan juga "Penanaman Bibit Tanaman" dengan bantuan para peserta dan panitia FESTANIKA serta masyarakat setempat.

sumber: live action photos

sumber: live action photos

Penebaran 10.000 benih ikan ini diharapkan dapat memfasilitasi sumberdaya ikan bagi masyarakat Desa Ngadirojo dan juga bagi pemancing untuk wisata waduk Bendo pada masa mendatang. Hal ini sesuai dengan salah satu tujuan dibangunnya waduk Bendo yakni sebagai tempat cadangan pangan bagi masyarakat Ponorogo terutama Desa Ngadirojo.Pak Agus sebagai Kamituwo Dusun Krajan menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kelancaran acara ini. Beliau menyatakan, "FESTANIKA adalah wujud nyata kerjasama antara mahasiswa dan masyarakat dalam menjaga alam. Semoga semangat kepedulian ini terus berkembang dan menjadi bagian dari gaya hidup kita untuk melestarikan bumi yang kita cintai. Melalui kebersamaan ini, kita berharap Desa Ngadirojo dan sekitarnya dapat menjadi lingkungan yang lebih hijau, lestari, dan sejahtera di masa depan."

FESTANIKA telah membuktikan bahwa kolaborasi mahasiswa IPB dan UB serta partisipasi aktif masyarakat, mampu menyatukan semangat kebersamaan, kepedulian lingkungan, dan kreativitas masyarakat dalam menyelaraskan kegiatan tabur benih ikan dan penanaman bibit tanaman. Pada hari selasa, 25 Juli 2023 FESTANIKA sukses dilaksanakan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline