Lihat ke Halaman Asli

Encon Rahman

Encon Rahman Guru penerima penghargaan internasional dari PMCA Thailand 2017. Narasumber berbagai pelatihan di tingkat nasional.

(9) Cara Mempersiapkan Bahan untuk Menulis Artikel

Diperbarui: 11 April 2022   05:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Berdasarkan pengalaman saya menulis artikel untuk berbagai jenis koran dan majalah. Saya selalu mempersiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dapat menunjang kualitas tulisan. Mengapa demikian? Menulis artikel untuk koran  jangan asal asalan. Rugi. Nanti tidak dimuat. 

Menulis artikel untuk koran berbeda dengan menulis untuk tugas kuliah. Kalau tugas kuliah yang membaca hanya dosen. Sedangkan tulisan artikel yang membaca adalah ribuan orang. Jadi, beda persiapannya ya.

Mempersiapkan Bahan Menulis

Salah satu cara mempersiapkan bahan untuk menulis artikel diberbagai koran. Pertama, siapkan tema yang sedang  aktual. Kedua, kumpulkan bahan atau tema yang sejenis sesuai dengan apa yang akan kita tulis. Bisa bahan dari buku, kliping atau internet. Tiga, tulis tema dengan memperhatikan keinginan selera redaksi koran tersebut. Ingat jangan menulis artikel untuk koran dengan gaya kita. Kita yang harus mengikuti selera redaksi. 

Catatan Akhir

Menulis artikel untuk koran butuh persiapan yang matang. Jangan putus asa. Jangan takut salah tapi takutlah tidak bisa memperbaiki kesalahan.

Majalengka, 26 Maret 2022

Tulisan ke-9 dari 1000 tulisan yang akan disajikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline