Lihat ke Halaman Asli

Encep Nurdin S.Pd

Guru Biologi di SMAN 1 PARONGPONG

Modul 2.3 Percakapan Coaching untuk Perencanaan Pembelajaran

Diperbarui: 9 Agustus 2024   14:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Coaching dengan Kepala Sekolah. Sumber Foto : Dokpri

Assalamulaikum. Wr. Wb... Perkenalkan nama saya Encep Nurdin S.Pd, saya adalah guru Biologi di SMAN 1 PARONGPONG Kabupaten Bandung Barat. Pada kesempatan ini saya ingin membuat sebuah aksi nyata berupa tulisan singkat mengenai Percakapan Coaching untuk Perencanaan Pembelajaran. 

Definisi Coaching :

Dalam dunia pendidikan, coaching adalah sebuah pendekatan yang digunakan oleh pendidik atau mentor untuk mendukung, memandu, dan memberdayakan peserta didik atau rekan sejawat dalam mencapai tujuan-tujuan pembelajaran atau pengembangan diri mereka untuk melakukan coachee. Coaching dalam pendidikan tidak hanya berfokus pada transfer pengetahuan, tetapi lebih pada proses pengembangan keterampilan, kemampuan berpikir kritis, dan pencapaian potensi maksimal individu.

Karakteristik Coaching  :

  • Pendekatan Kolaboratif: Coaching adalah hubungan kerja sama antara coach (pembimbing) dan coachee (orang yang dibimbing) di mana keduanya bekerja bersama untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
  • Berfokus pada Pengembangan Individu: Coaching membantu individu memahami kekuatan dan kelemahan mereka, merancang strategi untuk mengatasi tantangan, dan memaksimalkan potensi mereka.
  • Pembelajaran Berkelanjutan: Proses coaching mendorong pembelajaran yang berkelanjutan dengan cara memotivasi coachee untuk terus belajar dan berkembang, baik dalam konteks akademik maupun non-akademik.
  • Refleksi dan Umpan Balik: Dalam coaching, refleksi diri dan umpan balik konstruktif adalah elemen penting yang membantu coachee untuk memahami perkembangan mereka dan menyesuaikan strategi mereka jika diperlukan.
  • Peningkatan Kompetensi Sosial dan Emosional: Coaching juga dapat membantu dalam pengembangan keterampilan sosial dan emosional, yang penting untuk keberhasilan di dalam dan di luar lingkungan akademik.

Manfaat Coaching :

  • Meningkatkan Motivasi: Membantu siswa untuk menemukan dan memelihara motivasi internal mereka dalam belajar.
  • Pengembangan Kepemimpinan: Membantu dalam membangun kemampuan kepemimpinan pada siswa atau guru.
  • Peningkatan Prestasi: Melalui bimbingan yang tepat, coaching dapat membantu meningkatkan kinerja akademik dan keterampilan problem-solving siswa.
  • Pemecahan Masalah: Membantu siswa untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi dan menemukan solusi yang efektif.

Coaching Alur TIRTA :

Alur Percakapan Coaching dengan alur TIRTA ini mendorong coach untuk membantu coachee dalam menggapai tujuan nya. Selain itu dengan adanya alur TIRTA ini, coach diharapkan dengan mudah menguasai teknik coaching. TIRTA merupakan sebuah kata lain dari AIR, maka menjadi seorang coach harus bisa membantu menyelesaikan hambatan-hambatan coachee agar tidak ada yang menyumbat dalam prosesnya menggapai tujuan nya. 

Alur TIRTA :

1. Tujuan

2. Identifikasi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline