Lihat ke Halaman Asli

Encep Nurdin S.Pd

Guru Biologi di SMAN 1 PARONGPONG

Modul 2.2 Penerapan Segitiga Restitusi di SMAN 1 PARONGPONG

Diperbarui: 9 Agustus 2024   10:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diskusi dengan atasan dengan menggunakan metode Segitiga Restitusi. Sumber Foto : Dokpri

Assalamualaikum Wr.Wb.. Perkenalkan nama saya Encep Nurdin S.Pd, saya seorang guru di SMAN 1 Parongpong yang mengajar mata pelajaran Biologi. SMAN 1 PARONGPONG merupakan sekolah penggerak angkatan pertama, sekolah penggerak merupakan sebuah program transformasi pendidikan yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan fokus pada pengembangan hasil belajar peserta didik secara holistik, baik dari segi kompetensi (literasi dan numerasi) maupun karakter. 

Tujuan Utama Sekolah Penggerak:

1. Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila: Siswa diharapkan memiliki kompetensi dan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, seperti gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

2. Meningkatkan Mutu Pendidikan: Sekolah Penggerak diharapkan menjadi contoh dan pusat pengembangan bagi sekolah-sekolah lain dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

3. Memberdayakan Kepala Sekolah dan Guru: Program ini memberikan pelatihan dan pendampingan kepada kepala sekolah dan guru agar mereka memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk mengelola dan mengembangkan sekolah.

Dalam kegiatan pembelajaran tentu tidak terlepas dari yang namanya permasalahan, namun dalam hal ini di satuan pendidikan ketika ada permasalahan yang dihadapi baik oleh guru, peserta didik ataupun tenaga administrasi sekolah, kami selalu berusaha memecahkan nya dengan berembuk. Salah satu metode yang bisa diterapkan adalah dengan menggunakan metode "Segitiga Restitusi". Segitiga Restitusi merupakan proses dialog yang dilakukan oleh guru, bahkan dapat juga dilakukan oleh orang tua agar dapat menghasilkan anak yang berkarakter mandiri, bertanggung jawab, konsekuen dan berkomitmen untuk menjadi diri yang melaksanakan disiplin positif. 

Adapun bentuk segitiga restitusi adalah sebagai berikut :

Ketika ada masalah di peserta didik maka yang harus dilakukan adalah :

1. Menstabilkan Identitas 

Apa itu menstabilkan identitas pada segitiga restitusi?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline