Lihat ke Halaman Asli

Encep Nurdin S.Pd

Guru Biologi di SMAN 1 PARONGPONG

Korelasi Antara Kurikulum Merdeka dengan Sekolah Penggerak

Diperbarui: 10 Juni 2023   11:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

SMAN 1 PARONGPONG Sekolah Penggerak Angkatan Pertama di Kab. Bandung Barat

Perkenalkan nama saya Encep Nurdin S.Pd, saya adalah seorang guru Biologi di SMAN 1 PARONGPONG Kab. Bandung Barat. SMAN 1 PARONGPONG merupakan sekolah penggerak angkatan pertama di Kabupaten Bandung Barat. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sebuah tulisan dengan rekan-rekan semua mengenai "Korelasi Antara Kurikulum Merdeka dengan Sekolah Penggerak". Berikut saya sampaikan beberapa penjelasan mengenai hal itu:

Kurikulum Merdeka adalah sebuah pendekatan baru dalam dunia pendidikan yang bertujuan untuk memperkuat keterampilan abad ke-21 pada siswa. Berikut adalah beberapa keunggulan yang dikaitkan dengan Kurikulum Merdeka:

  • Kreativitas dan Inovasi: Kurikulum Merdeka memberi ruang bagi siswa untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi mereka. Dalam kurikulum ini, siswa didorong untuk berpikir kritis, menghadapi tantangan, dan menemukan solusi baru melalui eksplorasi mandiri dan pengalaman belajar yang relevan.
  • Fleksibilitas: Kurikulum Merdeka menekankan fleksibilitas dalam pembelajaran. Siswa memiliki kebebasan untuk memilih jalur pembelajaran yang sesuai dengan minat dan kemampuan mereka. Mereka dapat menyesuaikan dan merancang jadwal belajar yang paling efektif bagi diri mereka sendiri.
  • Pembelajaran Berbasis Proyek: Kurikulum Merdeka menekankan pembelajaran berbasis proyek, di mana siswa diberi tugas atau proyek nyata yang relevan dengan dunia nyata. Hal ini membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan kolaborasi, pemecahan masalah, dan kemampuan berpikir kritis.
  • Pembelajaran Berpusat pada Siswa: Kurikulum Merdeka menempatkan siswa sebagai pusat dari proses pembelajaran. Guru berperan sebagai fasilitator dan mentor, membantu siswa dalam mengeksplorasi minat mereka, menetapkan tujuan pembelajaran, dan mencapai hasil yang diinginkan.
  • Pengembangan Keterampilan Abad ke-21: Kurikulum Merdeka menekankan pengembangan keterampilan abad ke-21, seperti keterampilan komunikasi, kolaborasi, kreativitas, pemecahan masalah, dan pemikiran kritis. Hal ini membantu siswa untuk siap menghadapi tuntutan dunia kerja yang terus berkembang.

Peningkatan Motivasi Belajar: Dengan memberikan siswa otonomi dan tanggung jawab atas pembelajaran mereka, Kurikulum Merdeka dapat meningkatkan motivasi belajar. Siswa merasa memiliki kontrol atas pembelajaran mereka sendiri, yang dapat meningkatkan keterlibatan dan minat mereka dalam proses pembelajaran. Sekarang kita bahas mengenai sekolah penggerak, Sekolah Penggerak adalah program pendidikan yang diperkenalkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Program ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia melalui transformasi sistem pendidikan yang melibatkan berbagai pihak, seperti sekolah, guru, siswa, orang tua, dan komunitas.

Berikut adalah beberapa karakteristik dan komponen utama dari Sekolah Penggerak:

  • Kolaborasi: Sekolah Penggerak mendorong kolaborasi yang erat antara sekolah, guru, siswa, orang tua, dan komunitas lokal. Dalam kerja sama ini, setiap pihak berperan aktif dalam meningkatkan mutu pendidikan dan menciptakan lingkungan belajar yang efektif.
  • Inovasi: Program Sekolah Penggerak mendorong adopsi inovasi dalam pendidikan. Sekolah didorong untuk mengembangkan dan menerapkan metode pembelajaran yang kreatif dan efektif, serta mengintegrasikan teknologi pendidikan yang relevan.
  • Pemberdayaan guru: Sekolah Penggerak memberikan perhatian khusus pada pengembangan profesionalisme guru. Guru diberikan pelatihan, dukungan, dan sumber daya yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas pengajaran mereka.
  • Pendekatan kontekstual: Program ini mengadvokasi pendekatan pembelajaran yang kontekstual dan relevan dengan kebutuhan dan realitas lokal. Membangun hubungan yang kuat antara materi pelajaran dengan konteks kehidupan siswa diharapkan dapat meningkatkan minat dan pemahaman mereka.
  • Pendekatan holistik: Sekolah Penggerak berupaya mengembangkan siswa secara holistik. Selain fokus pada aspek akademik, program ini juga memperhatikan pengembangan karakter, sikap kewirausahaan, keterampilan sosial, dan keterampilan abad ke-21 lainnya.
  • Pembelajaran berbasis proyek: Program ini mendorong penggunaan pendekatan pembelajaran berbasis proyek, di mana siswa terlibat dalam kegiatan nyata yang melibatkan pemecahan masalah, kolaborasi, dan penerapan pengetahuan dalam konteks kehidupan sehari-hari.
  • Evaluasi dan pemantauan: Sekolah Penggerak melibatkan sistem evaluasi dan pemantauan yang berkelanjutan untuk mengukur kemajuan dan memperbaiki program secara terus-menerus. Sekolah Penggerak bertujuan untuk menciptakan perubahan positif dalam pendidikan di Indonesia dengan melibatkan semua pemangku kepentingan secara aktif. Melalui program ini, diharapkan terjadi peningkatan mutu pendidikan, peningkatan keterampilan siswa, dan pengembangan komunitas pendidikan yang lebih kuat. 
  • Relevansi dengan Dunia Nyata: Kurikulum Merdeka berfokus pada keterampilan yang relevan dengan dunia nyata. Siswa akan terlibat dalam pembelajaran yang terkait dengan kehidupan sehari-hari, mengeksplorasi isu-isu global, dan memahami bagaimana pengetahuan dan keterampilan yang mereka pelajari dapat diterapkan dalam konteks kehidupan mereka.

Dengan keunggulan-keunggulan ini, Kurikulum Merdeka bertujuan untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang dinamis, kolaboratif, dan relevan dengan kebutuhan siswa pada era modern.

Nah sekarang bagaimana korelasi antara keduanya, kita kupas mengenai hubungan antara kurikulum merdeka dengan dengan sekolah penggerak.

Karena "Kurikulum Merdeka" tidak memiliki definisi yang jelas dalam konteks pendidikan di Indonesia hingga September 2021, sulit untuk memberikan korelasi yang spesifik antara Kurikulum Merdeka dengan Sekolah Penggerak. Namun, berdasarkan pemahaman umum mengenai kedua konsep tersebut, ada beberapa kemungkinan korelasi yang dapat dibahas:

  • Pendekatan Inovatif: Baik Kurikulum Merdeka maupun Sekolah Penggerak mendorong pendekatan inovatif dalam pendidikan. Keduanya menekankan pengembangan metode pembelajaran yang kreatif, penerapan teknologi pendidikan, dan pendekatan kontekstual yang relevan dengan kebutuhan siswa.
  • Pembelajaran Berbasis Proyek: Keduanya mengedepankan pembelajaran berbasis proyek di mana siswa terlibat dalam kegiatan nyata, pemecahan masalah, dan keterlibatan dalam proyek-proyek yang relevan dengan dunia nyata.
  • Kolaborasi dan Keterlibatan Komunitas: Sekolah Penggerak menekankan kolaborasi yang erat antara sekolah, guru, siswa, orang tua, dan komunitas lokal. Kurikulum Merdeka juga mendorong partisipasi aktif dari siswa, guru, dan komunitas dalam proses pembelajaran.

Meskipun demikian, penting untuk dicatat bahwa hubungan antara Kurikulum Merdeka dan Sekolah Penggerak mungkin bervariasi tergantung pada implementasi dan interpretasi yang dilakukan oleh lembaga pendidikan atau sekolah yang terlibat. Informasi terkini tentang Kurikulum Merdeka dan perkembangan terkini tentang Sekolah Penggerak dapat memberikan pemahaman yang lebih jelas mengenai korelasi spesifik antara keduanya.

Demikian yang dapat saya tuliskan semoga bermanfaat untuk kita semua, maju terus dunia pendidikan di Indonesia Khususnya di Jawa Barat.

Jebat erat

Encep Nurdin S.Pd

SMAN 1 PARONGPONG




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline