Lihat ke Halaman Asli

Encep Nurdin S.Pd

Guru Biologi di SMAN 1 PARONGPONG

Cara Membuat Sabun Kecantikan/Kesehatan dari Bahan Organik ala "Kiranahomemade Soap"

Diperbarui: 12 Desember 2022   10:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kiranahomemade Soap

Bagi anda penggemar sabun kecantikan organik tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya "Sabun Batangan Organik" yang banyak ditemukan di pasaran baik dijual secara online maupun offline. 

Sabun organik ini biasanya mengandung berbagai aroma herbal dan aromaterapi alami yang akan memanjakan para pengguna nya demi kenyamanan selama pemakaian nya, namun cukup disayangkan harga sabun batangan organik ini lumayan mahal di pasaran.

Sabun organik merupakan pilihan yang tepat dalam perawatan kulit anda dan tentunya lebih bersahabat dan ramah lingkungan, karena dibuat dengan bahan-bahan organik alami. 

Karena alasan inilah (ramah lingkungan) permintaan akan sabun organik ini cukup banyak di pasaran namun penyediaan nya belum maksimal. Hal inilah yang membuat saya berinisiatif dengan istri saya untuk membuat sabun batangan organik ini dirumah, bagaimana cara membuat sabun batangan organik ini dirumah?

Dengan menggunakan beberapa bahan-bahan yang bisa dengan mudah Anda beli secara online, Anda akan dapat membuat sabun organik bikinan tangan Anda sendiri. 

Tentu hal ini lebih menarik, bukan? Selain untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan produktif, memakai sabun organik buatan sendiri tentunya juga membawa kepuasan tersendiri. Untuk itu, dalam artikel ini saya akan memberikan cara membuat sabun organik dengan bahan-bahan yang bisa Anda beli dengan mudah. Tentunya lebih aman dan ramah lingkungan.

Metode Cara Membuat Sabun Kecantikan Organik 

Sabun hanya bisa disebut sabun jika ia telah melalui proses saponifikasi pengubahan lemak dan minyak dalam air dan Natrium Hidroksida (NaOH) menjadi sabun. Proses ini menghasilkan pembersih yang paling menutrisi, paling lembut, dan paling sehat untuk kulit Anda. 

Proses pembuatan sabun kesehatan dan kecantikan oleh "Kirana Homemade Soap" untuk semua jenis kulit yang terbuat dari bahan-bahan alami. Bahan-bahan nya terdiri dari Olive Oil, Palm Oil, Castor Oil, Coconut Oil, NaOH, Oat, Lemon, Charcoal, Mika, Madu, Binahong, Pisang dan Susu Murni. Kulit menjadi lebih lembut dan cerah, meremajakan kulit dengan bahan-bahan alami. Proses Pembuatan melewati masa Saponifikasi yaitu proses penyabunan yang berfungsi untuk menggabungkan lemak dengan basa kuat sehingga sabun akan terbentuk dengan baik dan tentu nya aman karena kandungan nya dari bahan-bahan alami. 

Beberapa dari proses bisa dikatakan lebih mudah daripada yang lain. Jadi, mengetahui bagaimana masing-masing proses bekerja akan membantu anda memutuskan untuk mengeksekusi cara membuat sabun organik dengan penuh persiapan. Perlu diketahui bahwa dalam proses pembuatan sabun, diperlukan sebuah bahan yang disebut alkali atau Natrium hidroksida (NaOH) 100%.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline