Lihat ke Halaman Asli

Siapkah Kita Transisi dari Era Pandemi ke Era Endemi?

Diperbarui: 2 Maret 2022   15:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Waktu lalu Kementrian Kesehatan mengatakan bahwa negara Indonesia akan memulai proses transisi dari tahap pandemi menjadi endemi. Hal ini juga telah dikonfirmasikan secara langsung oleh orang nomor 1 di Indonesia yaitu Presiden Joko Widodo.

Namun tahukah kalian apakah itu endemi dan apa dampak konsekuensi yang harus dipersiapkan untuk masuk dalam era endemi?

Era endemi merupakan tahap yang mengacu pada kehadiran suatu wabah penyakit yang berlangsung secara terus menerus dalam suatu lokasi geografis tertentu. Endemi berbeda hal dengan pandemi, apabila endemi merupakan tahap fase era dimana penyakit tersebut sudah dapat dinyatakan mampu dikendalikan laju nya oleh pihak pemerintah, namun apabila pandemi kebalikannya dari endemi. 


Suatu wilayah geografis dapat dikatakan mampu mengalami perpindahan fase dari pandemi menjadi era endemi apabila memenuhi beberapa indikator sebagai berikut :

1. Meningkatnya kekebalan melawan virus

Apabila masyarakat yang tinggal dalam suatu wilayah geografis tersebut sudah mampu dinyatakan terkendali dengan indikator adanya kemampuan mempertahakan diri (imunitas tubuh) yang kuat untuk melawan virus. 

Tentu saja, hal ini didorong dengan upaya vaksinasi nasional yang bertujuan untuk menciptakan imunitas tubuh masyarakat yang lebih kuat. Lebih - lebih , suatu wilayah geografis dapat dinyatakan memiliki kekebalan / imunitas tubuh yang baik apabila telah tercapai lebih dari 3/4 dari total kuota penduduk yang tinggal telah melakukan vaksinasi.

2. Menurunnya angka infeksi alamiah 

Angka infeksi alamiah ditandai dengan jumlah pasien yang terinfeksi virus dan angka kematian. Apabila angka jumlah pasien yang terinfeksi virus dan angka kematian menurun maka dapat diambil kesimpulan bahwa angka infeksi alamiah telah menurun.

Dampak konsekuensi yang harus dipersiapkan sebelum memasuki era endemi ?

Untuk mempercepat perubahan perubahan transisi era dari pandemi menuju endemi perlu memperhatikan hal - hal sebagai berikut :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline