JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 3.2
PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER BELAJAR
EMY KURNIATI CGP A11
Assalamualaikum, saya Emy Kurniati, Calon Guru Penggerak Angkatan 11 dari Kabupaten Bantul, yang sedang bertugas di SD Bantul Warung Bantul DIY. Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi mengenai Jurnal Refleksi Dwi Mingguan dalam modul 3.2 tentang Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya.
Jurnal ini menjadi wahana bagi saya untuk merefleksikan diri setelah dua minggu terlibat dalam kegiatan Pendidikan CGP modul 3.2. Kegiatan ini merupakan bagian dari persiapan saya sebagai calon guru penggerak, dan jurnal refleksi ini menjadi tugas rutin yang harus saya lakukan setiap dua minggu sekali.
Dalam menulis jurnal refleksi ini, saya mengadopsi Model 4F yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway. Model ini mengarahkan pada empat aspek penting: Fact,Feeling,Finding and Future yang saya terjemahkan menjadi 4P yaitu Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Penerapan.
1. Fact (Peristiwa)
Setelah menyelesaikan pembelajaran pada modul 3.2, saya melanjutkan perjalanan pembelajaran ke materi yang lebih mendalam tentang Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Proses pembelajaran ini saya jalani secara daring melalui LMS dengan menggunakan alur M-E-R-D-E-K-A yaitu: Mulai dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antarmateri, dan Aksi Nyata.
Pertama-tama, pada pertengahan bulan Oktober 2024 dalam alur "Mulai dari Diri," saya diminta untuk mengaktifkan kembali pengetahuan awal saya tentang ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya sekolah lewat tujuh pertanyaan yang disediakan pada LMS.
Selanjutnya, saya menuju ke alur "Eksplorasi Konsep,". Pada alur Eksplorasi Konsep saya belajar secara mandiri melalui materi-materi yang tersedia pada LMS. Materi meliputi pendekatan berbasis masalah dan berbasis aset, serta pengembangan komunitas berbasis aset. Terdapat kasus-kasus di bagian ini untuk dianalisis yang bermanfaat untuk memperdalam pemahaman saya.
Kemudian berlanjut ke alur "Ruang Kolaborasi," saya berpartisipasi dalam diskusi dengan anggota kelompok membahas kekuatan sumber daya di sekolah dan daerah sekitar sekolah kami. Diskusi ini diadakan dalam ruang kolaborasi bersama fasilitaor kami bapak Chaerul dan teman teman dalam kelompok kami melalui Google Meet, yang kemudian dilanjutkan dengan presentasi hasil diskusi kelompok pada hari berikutnya.