Lihat ke Halaman Asli

Muthiah Alhasany

TERVERIFIKASI

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

Dirgahayu TNI ke-78, Ini 5 Alasan TNI Lebih Dicintai Rakyat Indonesia

Diperbarui: 5 Oktober 2023   20:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mobil panggung musik (dok.jak101fm)

Dirgahayu TNI ke-78. Yup, hari ini kita memeringati ulang tahun atau terbentuknya Tentara Nasional Indonesia. Setiap tahun selalu ada upacara yang dipimpin langsung oleh Presiden RI. Tadi pagi, Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara yang diselenggarakan di Istana Negara. Tetapi secara keseluruhan, HUT TNI dirayakan di Monas dan sekitarnya.

Mobil panggung musik sebesar truk (dok.jak101fm)

Apa yang menarik dari peringatan HUT TNI kali ini? Ada satu mobil panggung musik. Keren banget, saya baru melihat sebuah mobil besar yang dirancang menjadi panggung berjalan. Di atasnya, sebuah band dan para penyanyinya beraksi. Begitulah TNI, mampu membuat hal-hal yang spektakuler, lain dari yang lain. Pak Jokowi pun tampak takjub melihat mobil itu. 

Presiden Jokowi menyaksikan devile (dok.jak101fm)

Selain upacara, hari ini merupakan hari terakhir pameran alutsista di Monumen Nasional. Pameran ini sudah berlangsung sejak tanggal 24 September hingga 5 Oktober. Suatu rangkaian event yang selalu diselenggarakan setiap tahun untuk memeringati HUT TNI. 

Pameran alutsista 

Saya tidak pernah melewatkan kesempatan untuk melihat pameran alutsista TNI. Saya begitu senang dan bangga dengan sistem pertahanan Indonesia. TNI adalah garda terdepan dalam menjaga NKRI. Para prajurit sangat terlatih menghadapi situasi dan kondisi apapun. 

Pameran alutsista TNI juga diminati oleh masyarakat umum. Banyak yang membawa anak-anak mereka untuk menyaksikan persenjataan yang dimiliki TNI. Bayangkan antusiasme mereka ketika melihat tank, senapan, replika pesawat dan kapal selam. Meskipun cuaca sedang panas-panasnya, animo masyarakat tetap tinggi untuk menyaksikan pameran alutsista tersebut. 

Monas dan alutsista (dok.pri)

Semua jalur ke Monas terbuka. Dari pintu Timur kita akan menemukan jajaran alutsista milik TNI AD, kalau dari pintu Selatan atau patung kuda, kita akan langsung menuju pameran alutsista milik TNI AL. Sedangkan dari pintu Tenggara, kita melewati alutsista milik TNI AU. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline