Lihat ke Halaman Asli

Muthiah Alhasany

TERVERIFIKASI

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

Tiga Cara untuk Tetap Fit di Bulan Ramadan

Diperbarui: 23 April 2021   11:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Meme untuk tetap fit selama puasa (dok.meme.indonesia)

Puasa bikin malas dan tambah berat badan? Itu karena pola makan dan aktivitas buruk. Saya berusaha menghindari hal-hal yang menjerumuskan kepada kebiasaan yang merugikan tubuh.

Memang kalau tidak dengan kebulatan tekad dan semangat tinggi, bakal sulit dijalani. Apalagi jika harus memotivasi diri sendiri, tidak ada yang mau menemani untuk gaya hidup sehat di bulan Ramadan.

Namun saya menekankan pada diri sendiri agar menjaga kesehatan dan berat badan. Soalnya masih ada ancaman pandemi Covid 19, sedangkan saya belum mendapatkan vaksin. Selain itu, kalau bertambah gemuk tidak ada budget untuk membeli baju baru.

Nah, ada tiga cara yang bisa ditempuh untuk tetap sehat dan tidak bertambah berat badan. Antara lain:

1. Olahraga. Jenis olahraga yang dilakukan bukan yang berat, apalagi di atas empat puluhan. Pilih yang paling memungkinkan untuk diterapkan setiap hari.

Saya cukup berjalan kaki saja sekitar satu kilometer. Tentu ada dorongan membeli sesuatu, misalnya ke mini market. Saya tidak manja seperti para tetangga yang ke warung dengan jarak 100 meter saja naik motor.

Jalan kaki ini saya lakukan sekitar pukul empat sore supaya tidak terlalu merasakan udara panas dan sinar matahari yang menyengat. Dan ini menjelang berbuka puasa. Pulangnya pukul lima sore, barulah saya menyiapkan makanan untuk berbuka puasa.

2. Makanan yang bergizi dan berserat.  Bulan Ramadan ini saya berusaha mengkonsumsi makanan yang lebih sehat dengan memperbanyak buah-buahan. Buah jenis apa saja yang penting mengandung vitamin.

Paling murah memang pepaya dan pisang. Tapi sekali-kali saya membeli buah lain untuk variasi. Sekarang ini yang masih dijual di kios buah, ada apel, pear, anggur, buah naga dan alpukat.

Buah-buahal lebih baik dimakan begitu saja, sebab kalau dibuat minuman ada kecenderungan ditambah susu dsb. Ini berbahaya karena mengandung kalori dan lemak tinggi. 

Saya jarang makan sayur karena memang tidak makan nasi. Lebih banyak makan roti dan biskuit. Ini memang kebiasaan saya sejak dahulu, tidak tergantung pada nasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline