Lihat ke Halaman Asli

Muthiah Alhasany

TERVERIFIKASI

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

Mengapa Wibawa Perairan NKRI Melekat pada Susi Pudjiastuti?

Diperbarui: 8 Januari 2020   13:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kapal nelayan Natuna (dok.liputan6.com)

Keberadaan kapal-kapal Cina di perairan Natuna bukan tanpa sebab. Cina menganggap bahwa 'penjaga' laut Indonesia sudah pergi. Dia adalah mantan menteri kelautan dan perikanan Susi Pudjiastuti.

Mengapa Cina sangat ditakuti oleh Cina? Susi Pudjiastuti memiliki wibawa yang tinggi sehingga ia identik dengan penjaga laut Indonesia, tak ubahnya seperti Nyi Roro Kidul.

Selama lima tahun menjabat sebagai menteri, Susi tidak pernah kendor mengawasi perairan di seluruh Nusantara. Kapal asing negara manapun yang menyelinap dan mencuri ikan pasti mendapat hukuman ditenggelamkan.

Tidak ada yang berani memprotes, apalagi mencoba melawan Susi Pudjiastuti. Para pencuri itu, mendengar namanya saja sudah terbirit-birit. Di laut, Susi lebih ditakuti daripada seorang presiden sekalipun.

Namun semenjak pergantian menteri, Susi tidak bertugas menjaga laut lagi. Hal ini diperhatikan benar oleh negara negara yang senang mencuri ikan. Mereka bersorak gembira dan bersyukur bahwa penggantinya tidak seperti Susi Pudjiastuti.

Negara-negara pencuri sudah memperhatikan dengan seksama tokoh-tokoh yang ada dalam pemerintahan yang baru. Mereka menandai siapa saja yang bisa diajak kompromi dan yang tidak. Terutama untuk masalah kelautan, dimana mereka mendapati menteri yang baru bisa bersikap lunak.

Mengapa seorang Susi Pudjiastuti lebih berwibawa dan ditakuti para pencuri?

1. Susi Pudjiastuti lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Ketika menjadi menteri, Susi hanya bertekad untuk mengabdi kepada bangsa dan negara.

Susi tidak memiliki kepentingan pribadi. Buat apa? Toh dia sudah memiliki segalanya. Ia adalah pengusaha sukses di bidang perikanan. Susi juga mempunyai keluarga yang harmonis. 

Susi tidak akan menyalahgunakan jabatan menteri untuk tujuan pribadi. Ia tidak perlu mengumpulkan harta karena dia sudah kaya. Karena itu Susi tidak tertarik untuk korupsi.

Maka semua orang tahu bahwa Susi Pudjiastuti tidak bisa disuap agar membolehkan kapal-kapal asing masuk ke perairan Indonesia. Ia tidak tergoda berapapun oknum yang mencoba menawarkan suap.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline